29-October-2020

MAN 1 Yogyakarta Konsisten Kuatkan Moderasi Beragama

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Timbulnya  ektremisme, radikalisme, ujaran kebencian (hate speech), serta retaknya hubungan antar umat beragama menjadi problem yang harus dihadapi oleh Bangsa Indonesia.  Semua elemen masyarakat harus turun tangan dan bekerjasama mencari solusi, termasuk dunia pendidikan. Untuk itulah MAN 1 Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan di bawah kementerian Agama, konsisten dalam menguatkan moderasi agama pada civitas akademika, terutama para siswa.

Hal tersebut disampaikan saat menerima kunjungan dari Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yaitu Abu Nasir, Dewi Supalah, dan Desi Kusumandari.

Para petugas tersebut disambut langsung oleh Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd yang didampingi Koordinator Program Keagamaan Suyanto, M.S.I., di ruang tamu kepala madrasah, Selasa (27/10/2020) siang

“Moderasi beragama merupakan cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri,” terang Suyanto, yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hakim MAN 1 Yogyakarta itu.

Lanjutnya, madrasah ini, telah berupaya untuk menanamkan dan membudayakan moderasi beragama, baik di  dalam lingkungan madrasah maupun di lingkungan masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan, seperti baksos peduli masjid-masjid di lingkungan sekitar madrasah, baskos di daerah minim ekonomi DIY, serta hampir setiap tahunya digelar festival anak sholeh se-DIY dan Jawa Tengah.

Imbuhnya, bahkan di antara bentuk konsistensi madrasah dalam hal ini adalah membekali bacaan-bacaan tentang moderasi beragama kepada para penghafal Al-Quran, seperti ‘Wasathyyah Wawasan Islam tentang beragama’ dan ‘Logika Agama’  karya Prof.Dr.M.Quraish Shihab, saat Wisuda Tahfidz Al-Quran. (dzl)


tags
MAN   1   Yogyakarta   Konsisten   Kuatkan   Moderasi   Beragama  

Berita
Dzahwan, Siswa MAN 1 Yogya  Raih Juara 1 Lomba Mapel Fisika Tingkat Nasional
27-November-2020

Dzahwan, Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 1 Lomba Mapel Fisika Tingkat Nasional

Kado Terindah Jelang Hari Guru Nasional, MAN 1 Yogya Terbitkan Antologi Karya Guru
26-November-2020

Kado Terindah Jelang Hari Guru Nasional, MAN 1 Yogya Terbitkan Antologi Karya Guru

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas
24-November-2020

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan  Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran
24-November-2020

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020
20-November-2020

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020