29-October-2020

Al-Hakim Scholarship Beri Support Penghafal Al-Quran

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Al-hakim Scholarship, Gerakan Alumni Peduli Almamater MAN 1 Yogyakarta, berkomitmen dan terus bergerak memberikan inspirasi, serta aksi nyata dalam mendukung dunia pendidikan, membantu siswa berprestasi dan kurang mampu.

Al-hakim Scholarship yang merupakan salah satu devisi Yayasan Abituren PHIN (YAPHIN) ini, hadir dalam acara Wisuda Tahfidz siswa MAN 1 Yogyakarta, Selasa (27/10/2020), memberikan support kepada 21 siswa penghafal Al-Quran, berupa buku-buku agama senilai 200 ribu rupiah untuk 6 penghafal  Al-Quran 30 juz, dan 150 ribu untuk 15 orang penghafal Al-Quran  yang kurang dari 30 juz. Bantuan diberikan secara langsung oleh perwakilan Al-Hakim Scholarship, yaitu H.Aris Munandar, Zaitul Zuhri, dan Agung Sarwo Edi, serta sejumlah pelaksana.

Yayasan Abituren PHIN (YAPHIN) merupakan wadah Alumni Sekolah Guru Hakim Agama (SGHA), Pendidikan Hakim Islam Negeri(PHIN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta. Sebuah gerakan kepedulian alumni untuk meningkatkan kualitas pendidikan MAN 1 Yogyakarta melalui dukungan pendanaan. Selain itu juga YAPHIN merupakan sarana menjalin komunikasi dengan alumni, khususnya dalam rangka turut berpartisipasi dalam mendukung cita-cita MAN 1 Yogyakarta menjadi madrasah unggul.

Pada awalnya Al-Hakim Scholarship (AS) diinisiasi oleh alumni MAN 1 Yogyakarta sedangkan YAPHIN oleh alumni PHIN. Kedua organisasi tersebut terpisah, tetapi pada akhir tahun 2018, AS menjadi bagian dari YAPHIN sehingga kegiatannya bisa menjangkau semua alumni mulai dari SGHA, PHIN dan MAN 1 Yogyakarta. Saat ini YAPHIN mempunyai dua devisi Al-Hakim Scholarship tentang pemberian donasi dan bantuan beasiswa buat Mansa dan Sekolah Pra Nikah (SPN).

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyambut baik dan mengapresiasi amal sholeh ini. “Kepedulian para alumnus MAN 1 Yogyakarta kepada almamater akan memberi banyak manfaat pada peningkatan dan pengembangan madrasah, terutama bagi siswa yang kurang mampu dan siswa yang berprestasi, atau program dan kegiatan yang tidak dapat dijangkau oleh sumber dana pemerintah atau Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA),”terangnya. (dzl) 


tags
Al-Hakim   Scholarship   Beri   Support   Penghafal   Al-Quran  

Berita
Dzahwan, Siswa MAN 1 Yogya  Raih Juara 1 Lomba Mapel Fisika Tingkat Nasional
27-November-2020

Dzahwan, Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 1 Lomba Mapel Fisika Tingkat Nasional

Kado Terindah Jelang Hari Guru Nasional, MAN 1 Yogya Terbitkan Antologi Karya Guru
26-November-2020

Kado Terindah Jelang Hari Guru Nasional, MAN 1 Yogya Terbitkan Antologi Karya Guru

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas
24-November-2020

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan  Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran
24-November-2020

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020
20-November-2020

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020