21-October-2020

PKKM Berlangsung Lancar, MAN 1 Yogyakarta Fokuskan Tiga Program Utama

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN 1 Yogyakarta berlangsung lancar, Senin (19/10/2020) pagi, mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB, di Aula lantai 2. Pelayanan pendidikan dengan mutu yang baik, tentu tidak bisa dipisahkan dari tingkat kualitas kinerja kepala Madrasah. Penilaian dilakukan oleh dua pengawas madrasah Kota Yogyakarta yaitu Drs. H. Paiman, MA, dan Murtinah, S. Pd, MA.

Paiman mengungkapkan, Prestasi MAN 1 Yogyakarta selalu meningkat dari tahun ke tahun. “Selamat atas kerja keras bapak ibu guru, semoga menjadi amal jariah,” ujarnya mengawali sambutannya.

Lanjutnya, PKKM menjadi agenda rutin tiap tahun. Kegiatan ini menjadi wujud untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan. Instrumen penilaian mencakup tahun ini, sedikitnya mencakup lima aspek yaitu Kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan hasil kinerja kepala madrasah.

Sementara itu Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dalam presentasi menjelaskan, ada tiga program utama pengembangan madrasah yaitu Profesionalisasi, Internasionalisasi, dan digitalisasi.

Lanjutnya, madrasah selalu melakukan inovasi. Di era global seperti ini, pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional menjadi kebutuhan. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara menganalisis kualifikasi dan distribusi pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan, supervisi, dan pemberian penghargaan, pembinaan dan motivasi, serta penguatan kompetensi sumber daya manusia yang ada melalu workshop IT, pengajian dan outbound.

Kemudian untuk internasionalisasi, banyak program yang telah ditempuh madrasah, yaitu aktif mengikuti kompetisi tingkat internasional, kerjasama dan menghadirkan native speaker, dan melaksanakan motivasi dan orientasi studi di luar negeri, serta program Academic Exposure.

Sedangkan, untuk  digitalisasi madrasah, saat ini sedang dirancang Sistem Informasi Madrasah Digital (SIMD).  Sistem Informasi tersebut, akan dapat diakses melalui telepon seluler atau laptop. Secara garis besar meliputi layanan pengelolaan akademik, website madrasah, layanan surat menyurat, hubungan masyarakat, kesiswaan, tagihan dan pembayaran.

Setelah mendengarkan presentasi Kepala Madrasah, kemudian Tim Penilai melanjutkan penilaian dengan mengecek   satu persatu, dokumen data dan bukti fisik, serta konfirmasi secara langsung kepada para guru dan segenap civitas akademika. (dzl)


tags
PKKM   Berlangsung   Lancar,   MAN   1   Yogyakarta   Fokuskan   Tiga   Program   Utama  

Berita
Dzahwan, Siswa MAN 1 Yogya  Raih Juara 1 Lomba Mapel Fisika Tingkat Nasional
27-November-2020

Dzahwan, Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 1 Lomba Mapel Fisika Tingkat Nasional

Kado Terindah Jelang Hari Guru Nasional, MAN 1 Yogya Terbitkan Antologi Karya Guru
26-November-2020

Kado Terindah Jelang Hari Guru Nasional, MAN 1 Yogya Terbitkan Antologi Karya Guru

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas
24-November-2020

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan  Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran
24-November-2020

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020
20-November-2020

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020