13-September-2020

Dilakukan Secara Online, Partisipasi Pemilihan Ketua OSIS MAN 1 Yogya Tetap Tinggi

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa disebut OSIS merupakan salah wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah negara. Pemilihan ketua OSIS selalu semarak, selayaknya pemilihan presiden atau kepala daerah. Sebuah pesta demokrasi yang selalu dinanti.

Hal yang sama juga dirasakan di MAN 1 Yogyakarta. Walaupun pandemi tengah melanda, hal ini tidak menjadi kendala, karena Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) diadakan secara online. Pada Kamis (10/09/2020), Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS) MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pemilihan ketua OSIS dengan mengambil tema "PENDEKAR" yang artinya seorang pemimpin yang berani, disiplin, dan berakhlakul karimah.

Pemilos dimulai pukul 07.47 WIB melalui live streaming Youtube MAN 1 Yogyakarta; diawali dengan sosialisasi Pemilos dan video kampanye serta orasi dari masing-masing calon. “Kampanye dari masing-masing kandidat sudah dilakukan jauh-jauh hari melalui pamflet dan video”, ungkap M. Iffatul Risqy Adam, ketua panitia Pemilos MAN 1 Yogyakarta.

Calon ketua OSIS Nurul Jadid MAN 1 Yogyakarta tahun 2020/2021 ada 4 siswa, yaitu:

(01) Rayi Dino Yudhoyono

(02) Kynaya Erlangga

(03) Yusuf Permana Zacky

(04) Harumi Harfi Hutami

Langkah-langkah yang ditempuh peserta didik untuk menggunakan hak pilih tidak rumit. Para siswa akan diberikan username dan kode. Setelah itu, mereka bisa memilih kandidat dengan mengakses http://e-pemilos-2020.xyz/.

“Bapak berharap, semua peserta didik menggunakan hak pilihnya. Jangan sampai tidak memilih”, ungkap Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M. Pd., kepala MAN 1 Yogyakarta dalam sambutannya. Dalam acara ini, Frenky Argitawan Mahendra, perwakilan dari KPU Yogyakarta juga turut memberikan sambutan. Frenky berpesan agar Pemilihan Ketua OSIS bisa dijadikan latihan berdemokrasi bagi peserta didik MAN 1 Yogyakarta.

Dalam Pemilos ini, tingkat partisipasi peserta didik cukup tinggi. Berdasarkan catatan panitia, 731 suara masuk. Dari total seluruh peserta didik hanya 18 (2,42 %) peserta didik yang tidak menggunakan hak pilihnya. Kandidat nomor urut 3: Yusuf Permana Zacky berhasil terpilih sebagai ketua OSIS 2020/2021 dengan perolehan 231 (30,84%) suara.

“Alhamdulillah, pemilihan ketua OSIS dapat berjalan dengan lancar; tingkat partisipasi ananda juga cukup tinggi,” ungkap Soeprastiyono Nugroho. M. Pd. I., Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 1 Yogyakarta. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemilos kali ini sudah cukup baik dengan tetap mengutamakan pencegahan COVID-19.

Semoga momentum Pemilos ini bisa dijadikan ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi teman-teman siswa MAN 1 Yogyakarta, dan juga sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikkan. Pemilos tahun ini juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSISN Nurul Jadid. Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan madrasah. (whd/dzl)


tags
Dilakukan   Secara   Online,   Partisipasi   Pemilihan   Ketua   OSIS   MAN   1   Yogya   Tetap   Tinggi  

Berita
3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas
24-November-2020

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan  Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran
24-November-2020

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020
20-November-2020

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020

MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM DIY
20-November-2020

MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM DIY

MAN 1 Yogya Sambut Asistensi dan Monitoring Dirjen Pendis Kemenag RI
20-November-2020

MAN 1 Yogya Sambut Asistensi dan Monitoring Dirjen Pendis Kemenag RI