05-September-2020

MAN 1 Yogya Lakukan Revitalisasi Taman Lingkungan Madrasah

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Keberadaan taman merupakan bagian lingkungan hidup yang tidak bisa dipisahkan. Sama halnya dengan kebutuhan hidup manusia sehari-hari, seperti makan dan minum.  Apalagi di lingkungan perkotaan yang rawan pencemaran udara, dan lingkungan padat penduduk, termasuk perkantoran dan sekolah.  Kehadiran taman yang asri, bersih, rapi, dan indah akan memberi rasa nyaman dan meningkatkan kesehatan dan imunitas bagi tubuh.

Untuk itulah, MAN 1 Yogyakarta melakukan revitalisasi keberadaan taman di lingkungan madrasah. Sebagai lembaga pendidikan Islam, madrasah ini hadir untuk membangun kesadaran bersama melestarikan lingkungan hidup dengan merawat dan menata taman madrasah.

Karena menjadi kebutuhan umum, madrasah ini mempunyai cara unik untuk membangun kesadaran dan tanggung jawab pada taman madrasah. Yakni dengan memanfaatkan momentum peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, madrasah ini menggelar lomba tata kelola taman di lingkungan madrasah antar guru dan pegawai yang terkelompokan dalam program studi (rumpun) Agama, IPS, IPA, Bahasa, dan   tata usaha.

Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Sarana dan Prasarana Ervania, S.Pd. menyampaikan, lomba penataan taman ini, merupkan salah satu rangkain lomba HUT ke-75 RI, selain Vlog, Fotografi, penulisan artikel.

“Dengan menata tamannya sendiri, guru dan pegawai semakin merasa memiliki, sehingga dapat merawat taman yang telah ditata. Dan dengan taman yang indah, seluruh civitas akademika madrasah akan lebih merasa nyaman dan kerasan, serta hubungan personal pun akan semakin erat,”ungkapnya, Jumat (4/9/2020) kemarin.

Ervania berharap,  semangat dan kegaiatan guru dan pegawai MAN 1 Yogyakarta dalam menata taman agar tidak hanya untuk sekedar lomba ini saja, tetapi tetap dilanjutkan.

Lanjutnya, para guru dan pegawai saling bekerjasama dalam pengadaan tanaman dan penataanya, sesuai lokasi taman yang telah ditentukan di lingkungan madrasah. Bahkan setiap kelompok membuat jadwal piket di luar tugas mengajar,  untuk merawat tanaman; menyiram  dan mengecek kondisi tanaman setiap harinya.

Sedikitnya butuh waktu tiga minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan mendapatkan penilaian dewan juri, pada Kamis-Jumat (3-4/09/2020). Untuk menjaga objektivitas dan sportifitas, terang Ervania, dewan juri dihadirkan dari luar civitas akademika MAN 1 Yogyakarta.  penjurian berdasarkan empat kreteria, yaitu keasrian, keindahan, kebersihan, dan variasi tanaman. (dzl)


tags
MAN   1   Yogya   Lakukan   Revitalisasi   Taman   Lingkungan   Madrasah  

Berita
3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas
24-November-2020

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan  Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran
24-November-2020

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020
20-November-2020

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020

MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM DIY
20-November-2020

MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM DIY

MAN 1 Yogya Sambut Asistensi dan Monitoring Dirjen Pendis Kemenag RI
20-November-2020

MAN 1 Yogya Sambut Asistensi dan Monitoring Dirjen Pendis Kemenag RI