15-July-2020

MAN 1 Yogya Awali Matsama Virtual Untuk Siswa Baru

Yogyakarta (MAN 1 YK)— Mengikuti protokol Kesehatan dalam mencegah penyebaran virus corona (covid-19) yang belum mereda hingga akhir-akhir ini, MAN 1 Yogyakarta menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) secara virtual, Senin(13/7/2020), berlangsung selama tiga hari (13-15 Juli 2020).

Matsama yang bertema ‘Siswa madrasah generasi cerdas, empati, islami, hebat bermartabat, dan harapan bangsa’ itu, dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs.H.Noor Abadi, M.Pd. Matsama merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengenalkan para siswa baru terhadap madrasah secara keseluruhan.

Beragam acara dan materi mengisi kegiatan awal tahun pelajaran 2020/2021 ini, antara lain sholat dhuha secara mandiri, doa dan tadarus al-Quran, menyayikan lagu Indonesia Raya, pemutaran video lingukan madrasah, penjelasan tentang sejarah MAN 1 Yogyakarta dan perpustakaan, pemaparan Program Robotik madrasah, pengenalan kurikulum MAN 1 Yogyakarta dan keunggulannya, pengenalan ekstra kurikuler tata tertib madrasah, program keagamaan dan moderasi beragama, dan pengenalan organisasi OSIS MAN 1 Yogyakarta.

“Selamat kepada anak-anakku sekalian sudah diterima di madrasah ini,”tutur Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.I., memulai sambutannya.

Ungkapnya, pihak madrasah ingin sekali dalam matsama ini dapat bertemu secara langsung dengan para siswa baru, tetapi karena kondisi pandemi covid-19, akhirnya pertemuan hanya bisa secara virtual. Walaupun demikian, ia berharap agar para siswa baru dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

“Kalian tetap bisa belajar walaupun kondisi seperti ini, dengan aplikasi zoom meetings, Microsoft Teams, dan lain-lain. Mudah-mudah minat dan bakat kalian bisa tumbuh dan berkembang. Mulai dari sekarang, kalain harus menyesuaikan diri,” pintanya.

Lanjutnya, mulai awal tahun ini MAN 1 Yogyakarta merupakan madrasah bertipologi madrasah keagamaan, riset, dan akademik, serta akan menerapkan Sistem Kredit Semester(SKS) mulai tahun ini. Sebagaimana disampaikan pada uji publik Kurikulum Satuan Pendidikan(KTSP), Kamis(25/06/2020) kemarin.

 

Dikatakan, penyelenggaraan SKS ini berprinsip pada beberapa hal. Pertama, Fleksibilitas; memungkinkanan peserta didik menentukan dan mengatur strategi belajar secara mandiri. Kedua, Keunggulan: memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan belajar dan mencapai tingkat kemampuan optimal sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan kecepatan belajar.

 

Ketiga, Maju berkelanjutan: memungkinkan peserta didik dapat langsung mengikuti program berikutnya tanpa terkendala oleh peserta didik lain. Keempat, Keadilan:memungkinkan peserta didik memperoleh perlakuan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan kecepatan belajar yang dimiliki secera perseorangan.

 

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs.H.Noor Abadi, M.Pd. menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada MAN 1 Yogyakarta atas terselenggaranya kegiatan matsama ini. Ungkapnya, hal ini merupakan kepercayaan masyarakat yang telah menyekolahkan putra-putri mereka di madrasah.  Di akhir sambutannya , ia berharap kepada para siswa baru agar serius dan giat dalam belajar.  “Semoga kalian studinya lancar, mampu berprestasi dan tercapai cita-cita nya di masa depan,” pungkasnya. (dzl)


tags
MAN   1   Yogya   Awali   Matsama   Virtual   untuk   Siswa   Baru  

Berita
Manfaatkan Momentum Jumat Barokah, MAN 1 Yogya Jaga Kesehatan dan Bangun Kebersamaan
08-August-2020

Manfaatkan Momentum Jumat Barokah, MAN 1 Yogya Jaga Kesehatan dan Bangun Kebersamaan

MAN 1 Yogya Gelar Workshop Pelayanan SKS
05-August-2020

MAN 1 Yogya Gelar Workshop Pelayanan SKS

Semarak Idul Qurban MAN 1 Yogya, Bantu Kaum Dhu’afa
05-August-2020

Semarak Idul Qurban MAN 1 Yogya, Bantu Kaum Dhu’afa

Siswa MAN 1 Yogya Juara Short Story Competition Tingkat Nasional
03-August-2020

Siswa MAN 1 Yogya Juara Short Story Competition Tingkat Nasional

Kemenko PMK Monitoring Pembelajaran MAN 1 Yogya Selama Pandemi
29-July-2020

Kemenko PMK Monitoring Pembelajaran MAN 1 Yogya Selama Pandemi