11-July-2020

MAN 1 Yogya Gelar Rapat Dinas Sambut Tahun Pelajaran Baru

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Tahun Pelajaran Baru 2020/2020 sudah diambang pintu. Menurut kalender pendidikan madrasah, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan dimulai, Senin(13/7/2020) mendatang. Mengikuti protokol kesehatan pencegahan virus corona (covid-19) yang belum mereda, maka KBM akan dimulai secara online. Karena itu, MAN 1 Yogyakarta segera menyelenggarakan rapat dinas untuk koordinasi dan pembagian tugas, yang dihadiri oleh seluruh guru, Jumat(10/7/2020) pagi, di Aula lantai 2.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan, banyak program dan kegiatan pada tahun pelajaran baru ini. Tuturnya, seluruh civitas akademika adalah merupakan team work, karena itu ia mengajak agar semua dapat bekerjasama dengan baik. “Kita bekerjasama untuk melayani,” ujarnya.

Ungkapnya, mendidik dan mengajar itu seperti orang berdakwah dalam ajaran Islam. Menurutnya, tugas tersebut harus dilaksanakan dan dikemas dengan baik. “Mengajar itu bagian dari dakwah. Dua puluh tahun atau tiga puluh tahun yang akan datang ditentukan oleh dakwah kita sekarang ini,” tandasnya.

Setelah pengarahan dari kepala madrasah, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan informasi oleh wakil kepala madrasah; bidang kurikulum, bidang kesiswaan, bidang humas dan bidang sarana dan prasarana.

Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc. menyampaikan, setiap civitas akademika harus mengikuti regulasi baru dalam pengelolaan pembelajaran yakni implementasi Keputusan Menteri Agama (KMA) 183 Tahun 2019 dan KMA 184 Tahun 2019, mulai Tahun Pelajaran 2020/2021.  Untuk persiapan, para guru diminta untuk membuat media pembelajaran yang sesuai, terutama saat pandemi corona, kemudian membuat variasi metode pembelajaran, serta mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan pembelajaran online sesuai dengan perkembangan yaitu E-Learning Madrasah dan Office 365, serta mengikuti Web-Seminar(webinar).

Adapun rencana KBM online minggu depan untuk kelas XI dan kelas XII, Senin-Rabu(13-15 Juli 2020); dimulai pukul 07.00 hingga pukul 15.30; terdiri dari kegiatan mandiri sholat dhuha, doa, tadarus, asmaul husna, lagu Indonesia Raya, Mars Madrasah, pembuatan akun vidcon office 365, pembelajaran karakter dan literasi, Sholat Dzuhur, dan pembelajaran Mandiri.  Sedangkan  kelas X akan mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) pada Senin-Rabu(13-15 Juli 2020). (dzl)


tags
MAN   1   Yogya   Gelar   Rapat   Dinas   Sambut   Tahun   Pelajaran   Baru  

Berita
Manfaatkan Momentum Jumat Barokah, MAN 1 Yogya Jaga Kesehatan dan Bangun Kebersamaan
08-August-2020

Manfaatkan Momentum Jumat Barokah, MAN 1 Yogya Jaga Kesehatan dan Bangun Kebersamaan

MAN 1 Yogya Gelar Workshop Pelayanan SKS
05-August-2020

MAN 1 Yogya Gelar Workshop Pelayanan SKS

Semarak Idul Qurban MAN 1 Yogya, Bantu Kaum Dhu’afa
05-August-2020

Semarak Idul Qurban MAN 1 Yogya, Bantu Kaum Dhu’afa

Siswa MAN 1 Yogya Juara Short Story Competition Tingkat Nasional
03-August-2020

Siswa MAN 1 Yogya Juara Short Story Competition Tingkat Nasional

Kemenko PMK Monitoring Pembelajaran MAN 1 Yogya Selama Pandemi
29-July-2020

Kemenko PMK Monitoring Pembelajaran MAN 1 Yogya Selama Pandemi