16-May-2020

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran Via Aplikasi Meeting Zoom

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) - Masa Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang melanda negeri ini dan seluruh penjuru dunia, bukan penghalang untuk menghidupkan kegiatan ibadah di bulan suci Ramadhan 1441 H, misalnya sedekah, zakat, sholat Tarawih, dan tadarus Al-Quran.  Seperti yang dilakukan MAN 1 Yogyakarta. Madrasah ini bersama segenap civitas akademika telah mengkhatamkan Al-Quran 18 kali (muqaddaman), selama dua hari (14-15 Mei 2020).

Sebagai rasa syukur, madrasah menggelar khotmil Quran via online menggunakan Aplikasi Meeting Zoom, Jumat (15/5/2020) malam. Meskipun via jaringan internet, acara khotmil Quran tetap khidmat. Berlangsung mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, diikuti 84 peserta(guru, pegawai, siswa kelas XI dan X, serta orang tua wali siswa) yang terhubung dengan aplikasi Zoom. Selain itu kegiatan ini juga bisa diikuti lewat jaringan Youtube.com.

Acara diawali dengan membaca Surat Adh-dhuha hingga Surat An-Nas secara bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan doa khotmil Quran yang dipandu oleh Koordinator Keagamaan Suyanto, M.Pd.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 ini, yang mewajibkan setiap orang untuk menjaga jarak (physical distancing) dan memperbanyak kegiatan di rumah.  Menurutnya, kondisi seperti ini dapat dimanfaatkan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Antara lain dengan banyak membaca Al-Quran.

“Banyak hal yang baik kita dapatkan di balik Wabah virus corona ini, untuk itu janganlah kita mengeluh. Semoga wabah ini segera diangkat oleh Allah SWT, dan kita semua dalam lindungan-Nya,”ujarnya.

Kegiatan khotmil Quran via online ini sangat berkesan. Seperti yang disampaikan salah satu siswa kelas XI yaitu Qaulan Sadida. Siswa ini turut berpartisipasi lewat aplikasi Meeting Zoom dari rumahnya di Jakarta. “Ini baru pertama kali, khotmil Quran via online yang saya ikuti,” tuturnya.  

Sementara itu, Wakamad Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. menyampaikan, banyak kegiatan yang diselenggarakan madrasah meskipun masa krisis seperti ini. lanjutnya, selain kegiatan khotmil Quran, madrasah ini juga menyalurkan zakat fitrah, yang dihimpun dari guru, pegawai, siswa, dan orang tua wali siswa.  Lanjutnya, zakat fitrah tersebut akan diberikan kepada para mustahiq zakat dari civitas akademika, dan masyarakat sekitar madrasah. (dzl)


tags
MAN   1   Yogya   Gelar   Khotmil   Quran   via   Aplikasi   Meeting   Zoom  

Berita
Peduli Masa Krisis Akibat Corona,	 MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah
20-May-2020

Peduli Masa Krisis Akibat Corona, MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom
16-May-2020

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta
11-May-2020

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online
02-May-2020

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online

Pengumuman Kelulusan
02-May-2020

Pengumuman Kelulusan