27-April-2020

Ingatkan Kesempatan Ramadhan, Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 Lomba Video Pendek

Yogyakarta (MAN 1 YK)—“Selalulah untuk beramal Sholih, siapa akan menjamin kita dapat bertemu kembali dengan Ramadhan?” itulah pesan singkat video pendek karya Hanif Zaki Dhiaurrahman, siswa MAN 1 Yogyakarta.  Baru-baru ini, Video karya siswa ini, berhasil meraih juara 3  lomba "Challenge #MenyambutRamdhanAlaKamu", yang diselenggarakan Forum antar Rohis (Farohis) se-Daerah Istimewa Yogyakarta,  pada 27 Maret hingga 14 April 2020.

Hanif menjelaskan, video karyanya berdurasi 2 menit 17 detik, telah diunggah pada akun instagramnya (https://www.instagram.com/tv/B-4VrjKhIAJ/?igshid=qm59sgkrkvp5). Video tersebut mampu bersaing dengan karya pelajar lainnya, dan berhasil raih juara 3. Sementara itu juara 1 diraih oleh Melodi Akbar dari SMK 3 Yogyakarta, dan juara 2 diraih Yahya dari SMA Negeri 7 Yogyakarta, serta Juara Favorite raih oleh Tiara Diva.

Melalui pendek tersebut, Hanif ingin mengajak umat Islam, terutama para pelajar untuk menyiapkan diri songsong bulan suci Ramadhan dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dengan amal sholih. Pasalnya, tidak ada yang bisa menjamin, bahwa kesempatan Ramadhan itu akan datang lagi pada tahun depan.

“Saya membuat video yang mengingatkan manusia, agar selalu berbuat amal sholih, karena tidak ada yang tahu apakah akan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan atau tidak,” ujar siswa kelas X Prodi IPA itu, saat dihubungi, Senin (27/04/2020) pagi.

Lanjutnya, Ide kreatif ini, ia kerjakan dengan penuh kesungguhan. Mulai pembuatan skenario, shooting, hingga editing membutuhkan waktu tiga hari. Bahkan, lanjutnya, video yang ia buat itu konsepnya waktu malam hari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga ia harus shooting jelang Subuh. 

“Karena ide tidak bisa langsung muncul sehingga inspirasi dari google atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Pada saat ide itu muncul, biasanya saya akan langsung membuat script atau naskah,” ungkap siswa kelahiran Sleman, 7 Mei 2004 itu. (dzl)


tags
Ingatkan   Kesempatan   Ramadhan,   Siswa   MAN   1   Yogya   Juara   3   Lomba   Video   Pendek  

Berita
3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas
24-November-2020

3 Guru dan 1 Pegawai MAN 1 Yogyakarta Purna Tugas

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan  Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran
24-November-2020

Sambut Hari Guru Nasional, Guru dan Pegawai MAN 1 Yogya Ikuti Khataman Al-Quran

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020
20-November-2020

Siswa MAN 1 Yogya Raih Medali Perak KSMO Tingkat Nasional Tahun 2020

MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM DIY
20-November-2020

MAN 1 Yogyakarta Juara Umum KSM DIY

MAN 1 Yogya Sambut Asistensi dan Monitoring Dirjen Pendis Kemenag RI
20-November-2020

MAN 1 Yogya Sambut Asistensi dan Monitoring Dirjen Pendis Kemenag RI