03-April-2020

Jawab Tantangan Social Distance, MAN 1 Yogya: Learn Must Be Go On

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid 19 atau Virus Corona dan mendukung program pemerintah, MAN 1 Yogyakarta telah melakukan pembelajaran dari rumah atau Learn From Home, dengan berbasis online atau memanfaatkan teknologi informasi e-learning Madrasah.

Ada berbagai aplikasi online yang diterapkan oleh masing-masing guru mata pelajaran yang diterapkan sesuai kebutuhan materi dan kompetensi dasar yang sedang dilaksanakan.  Antara lain e-learning Madrasah, Google classroom, webex, video conference, dan ada pula yang menggunakan WhatsApp application atau menggunakan penggabungan antara e-learning Madrasah dan WhatsApp atau juga google classroom dengan WhatsApp.

Contohnya, pembelajaran Bahasa Inggris wajib kelas XI di MAN 1 Yogyakarta, guru pengampu menggunakan aplikasi google classroom dan menggunakan WhatsApp untuk membuat siswa bisa tergabung dalam suatu kelas Pembelajaran online.

“Seakan akan nyata seperti kelas ketika pembelajaran di ruang kelas, sehingga suasana kelas seperti hidup dan menarik dengan tanpa banyak tugas,” tutur Guru Bahasa Inggris Surini, M.Pd.

Terang Surini, untuk mengetahui apakah siswa memahami materi atau tidak, ia memberikan 1 atau 2 pertanyaan yang bisa di jawab saat itu juga.

"Learn must be go on (Belajar harus terus berjalan), walaupun harus belajar dari rumah dan ada social distance," ujarnya.

Lanjutnya, materi pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini dimana sedang dicanangkan program cuci tangan dan gaya hidup bersih.

"Kebetulan pelajaran Bahasa Inggris kelas XI sampai pada KD menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja, maka saya mengambil lagu I gotta wash my hand," terangnya.

Ungkap Surini, lagu tersebut bercerita tentang pentingnya cuci tangan dan jangan bersin dekat dengan saya karena akan menyebarkan penyakit. Dengan begitu Pembelajaran akan hidup karena sambil mendengarkan musik dan lagu berulang-ulang dan sesuai dengan kondisi saat ini. Sementara itu tujuan pembelajaran bisa tercapai yaitu siswa dapat menangkap makna lirik sebuah lagu.

Pembelajaran mudah dipahami siswa. Pasalnya, contoh materi sesuai dengan konteks kondisi saat ini dan dilakukan dengan cara menarik seperti menggunakan lagu atau video. (srn/dzl)


tags
Jawab   Tantangan   Social   Distance,   MAN   1   Yogya:   Learn   Must   be   Go   on  

Berita
Peduli Masa Krisis Akibat Corona,	 MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah
20-May-2020

Peduli Masa Krisis Akibat Corona, MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom
16-May-2020

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta
11-May-2020

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online
02-May-2020

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online

Pengumuman Kelulusan
02-May-2020

Pengumuman Kelulusan