20-March-2020

Angkat Tema Kesehatan Mental, Siswa MANPK MAN 1 Yogya Raih Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Banyaknya persoalan menyebabkan seseorang mengalami stress, merasa tertekan, marah dan lainnya sebagainya.  Sehingga hal itu dapat mengganggu kondisi kejiwaannya. Karena itu, menjaga kesehatan mental sangatlah penting. Kesehatan mental mempengaruhi psikologi seseorang. Gangguan kesehatan mental akan berdampak buruk bagi perilaku seseorang.

Hal tersebut diungkapkan, Ahmad Arun Nafidz, Siswa kelas XI MANPK MAN 1 Yogyakarta dalam Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Lustrum I Psikologi “Psymphony”, yang diselenggakaran Himpunan Mahasiswa Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta(UNY), Sabtu (14/3/2020) baru-baru ini, di Abdudulah Sigit Hall UNY.

Siswa yang akrab disapa Arun ini, mampu bersaing dengan seluruh peserta tingkat SMA se-DIY dan Jawa Tengah. Ia berhasil meraih juara 1. Sementara itu juara 2 diraih siswa SMA Stella Duce Yogyakarta, dan juara 3 diraih siswa SMA Kolese De Britto Yogyakarta.

Saat dihubungi lewat media sosial, ia menjelaskan, zaman sekarang ini, pengaruh global dan persaingan hidup telah banyak mempengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang. Ungkapnya, ada tiga cara agar seseorang mempunyai mental yang sehat.

Pertama, menerima dan menghargai diri sendiri. Yaitu setiap orang harus menyadari, setiap  manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan. Apa yang dimiliki tersebut haruslah membuat percaya diri, bukan malah sebaliknya.

Kedua, menjaga komunikasi dengan orang yang ada di dekat kita. Ia mencontohkan, sebagai siswa di sekolah selalu mendapatkan banyak pekerjaan rumah, sehingga membuatnya lelah dan terganggu dalam pembelajaran di kelas, maka dari itu ia dapat menceritakan hal tersebut sehingga keluarga dapat memberikan solusi yang terbaik dari persoalan tersebut.

Dan ketiga, aktif dalam suatu kegiatan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berorganisasi. Dalam berorganisasi tersebut, seseorang dapat berinteraksi dengan banyak orang, sehingga dapat melupakan pikiran beban dari masalah yang ada.

“Zaman sekarang untuk selalu menjaga kesehatan terutama kesehatan mental dengan melakukan hal yang lebih positif agar dapat mencapai masa depan yang diinginkan nanti,”ujarnya.

“Dan jangan mudah terprovokasi atau terpengaruh dari teman untuk melakukan hal-hal yang kurang baik karena nanti akan berdampak yang kurang baik juga terhadap orang lain terutama diri sendiri,”pungkasnya.

Sementara itu guru pembimbing LS.Wuran Kurniati, MA sangat mengapresiasi prestasi Arun dalam lomba pidato ini. “Semoga ke depan, ananda Arun dapat mempertahankan prestasinya dan lebih banyak mengikuti kompetisi sejenis di berbagai kejuaraan,”ujar Guru Bahasa Indonesia itu. (dzl)


tags
Angkat   Tema   Kesehatan   Mental,   Siswa   MANPK   MAN   1   Yogya   Raih   Juara   1   Pidato   Bahasa   Indonesia  

Berita
Data Lolos Verifikasi dan Jadwal Tes PPDB MAN 1 Yogya
03-April-2020

Data Lolos Verifikasi dan Jadwal Tes PPDB MAN 1 Yogya

Physical Distancing, BK MAN 1 Yogya Beri Layanan Online
03-April-2020

Physical Distancing, BK MAN 1 Yogya Beri Layanan Online

Jawab Tantangan Social Distance, MAN 1 Yogya: Learn Must be Go on
03-April-2020

Jawab Tantangan Social Distance, MAN 1 Yogya: Learn Must be Go on

Hadapi Covid-19, Siswa MAN 1 Yogya: Bergerak dari Rumah Menebarkan Optimisme
03-April-2020

Hadapi Covid-19, Siswa MAN 1 Yogya: Bergerak dari Rumah Menebarkan Optimisme

Pandemi Corona, MAN 1 Yogya Terapkan Pembelajaran Online
02-April-2020

Pandemi Corona, MAN 1 Yogya Terapkan Pembelajaran Online