05-March-2020

Tingkatkan Semangat Ibadah Haji, MAN 1 Yogya Gelar Manasik Haji Untuk Kelas X

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Sebanyak 256 siswa kelas X  MAN 1 Yogyakarta mengikuti Praktik Manasik Haji, di Bumi Perkemahan Dewa Ruci atau Area Miniatur Manasik Haji Al-Barokah, Wonoroto Gadingsari Sanden, Bantul DIY, Rabu (4/3/2020) pagi.

Sebelum berangkat, Rombongan manasik haji siswa MAN 1 Yogyakarta ini, mengikuti apel pemberangkatan, di depan laboratorium terpadu, oleh kepala madrasah Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.

Wiranto berharap, melalui kegiatan ini para siswa dapat mempraktikkan pengetahuan dan teori yang didapatkan di kelas. Untuk itu ia mengajak seluruh peserta manasik untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Hati-hati di perjalanan, semoga kelak ananda benar-benar diberi kesempatan oleh Allah, bisa ke tanah suci, untuk melaksanakan ibadah haji di baitullah,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator Program Keagamaan Suyanto, M. Pd. menambahkan, setidaknya kegiatan ini dapat memberi atsar (bekas) yang kuat pada siswa. “Anak-anak mempunyai keinginan yang kuat untuk menjalankan ibadah umrah dan haji,” pintanya.

Manasik kali ini, para siswa dibagi menjadi 9 kelompok sesuai bus, dan setiap kelompok didampingi oleh 2 pembimbing. Tidak itu saja, dalam perjalanan, di dalam bus, para siswa mendapatkan materi selain teori manasik haji, juga beberapa hal yang terkait dengan situs-situs bersejarah yang penting, seperti Kota Madinah, Masjid Nabawi, Masjid Quba’ Kota Makkah, Ka’bah, Hijir Ismail, Sumur zam-zam, Sofa dan Warwah, Arofah, dan Jabal Uhud.

Tampak para siswa mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias. Mereka mengenakan kain Ihram berwarna putih. “Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syariika laka,”suara talbiyah bersahut-sahutan antar kelompok. (dzl)


tags
Tingkatkan   Semangat   Ibadah   Haji,   MAN   1   Yogya   Gelar   Manasik   Haji   untuk   Kelas   X  

Berita
Peduli Masa Krisis Akibat Corona,	 MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah
20-May-2020

Peduli Masa Krisis Akibat Corona, MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom
16-May-2020

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta
11-May-2020

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online
02-May-2020

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online

Pengumuman Kelulusan
02-May-2020

Pengumuman Kelulusan