22-February-2020

Wigar Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 1 Dan Juara Favorit Vlog Tingkat Nasional

Jakarta (MAN 1 YK) -- Lagi, kerja keras dan kegigihan Wigar Aqil Samboga Anom Siswa MAN 1 Yogyakarta berbuah manis. Ia bersama timnya berhasil meraih Juara 1 dan Juara Favorit dalam Vlog Competition “Millenial action for sustainable living” yang diselenggarakan Unversitas Budi Luhur Jakarta, Kamis(20/02/2020).

Siswa yang akrab disapa Wigar ini,  mampu bersaing dengan ratusan vloger  lainnya. Ia beri judul vlognya dengan judul “Semua berawal dari kita”(https://youtu.be/3LVVMK9brKE). Melalui video pendek berdurasi  3 menit ini, ia mengangkat masalah akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan mengingatkan ancaman bencana sampah yang mencemari dan merusak  lingkungan hidup, serta memberi solusinya.

“Masalah  gaya hidup ramah lingkungan dikarenakan di jaman yang modern sekarang ini, kita kadang kurang peduli terhadap lingkungan khususnya masalah sampah. Jadi dengan hadirnya  video ini, kami bermaksud untuk mengajak menjaga dan melestarikan lingkungan,” ungkapnya.

Ide tentang ajakan pelestarian lingkungan itu, kemudian ia tuangkan dalam video pendek, yang dalam pembuatannya dibantu kedua temannya yaitu Hanif Zaki Dhiaurrahman dan Romdlon Musyaffa Akbar dalam waktu 3 hari, di sela-sela kesibukannya belajar di madrasah, untuk melakukan riset di lingkungan warga.

Setelah melalui seleksi dan penilaian yang ketat dari dewan juri, akhirnya Vlog karya Wigar bersama tim Siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih juara 1 dan Juara Favorit kategori SMA, kemudian disusul   SMA IT AT-Taufiq Bogor meraih juara 2, dan SMAN 1 Anyer Tim 1 raih juara 3.  Sedangkan juara kategori umum, juara 1 diraih Universitas Mangkubumi, juara 2  diraih Univeristas Mercubuana, dan juara 3 Universitas Brawijaya.

“Alhamdulillah senang banget, awalnya kaget dan nggak nyangka karena diumumkannya ketika jam pembelajaran dan ditelepon langsung sama panitianya,” ujarnya, berbunga-bunga.

“Wigar kira mungkin halusinasi karena kecapekan belajar, terus saya konfirmasi ternyata benar dan malah dapat nominasi vlog terfavorit lagi. Bersyukur banget...,”imbuhnya.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M. Pd. saat ditemui, sangat mengapresiasi dan bangga atas keberhasilan siswanya ini. “Semoga  menjadi  jalan untuk meraih cita-citanya, dan prestasi Wigar ini dapat menginspirasi siswa yang lain. Para siswa dapat berprestasi di segala bidang baik akademik maupun non akademik,” ujarnya.

Lanjut Wiranto, harapan tertoreh untuk ke depannya.  MAN 1  sebagai madrasah unggul dengan prestasi-prestasi membanggakan baik regional, nasional bahkan internasional telah mendapat kepercayaan masyarakat luas secara nasional.

“Sudah saatnya MAN 1 Yogyakarta  “go Internasional”, program-program unggulan dan visioner telah diterapkan dan membawa kemajuan serta kejayaan MAN 1,”pungkasnya. (dzl)


tags
Wigar   Siswa   MAN   1   Yogya      Raih   Juara   1   dan   Juara   Favorit   Vlog   Tingkat   Nasional  

Berita
Data Lolos Verifikasi dan Jadwal Tes PPDB MAN 1 Yogya
03-April-2020

Data Lolos Verifikasi dan Jadwal Tes PPDB MAN 1 Yogya

Physical Distancing, BK MAN 1 Yogya Beri Layanan Online
03-April-2020

Physical Distancing, BK MAN 1 Yogya Beri Layanan Online

Jawab Tantangan Social Distance, MAN 1 Yogya: Learn Must be Go on
03-April-2020

Jawab Tantangan Social Distance, MAN 1 Yogya: Learn Must be Go on

Hadapi Covid-19, Siswa MAN 1 Yogya: Bergerak dari Rumah Menebarkan Optimisme
03-April-2020

Hadapi Covid-19, Siswa MAN 1 Yogya: Bergerak dari Rumah Menebarkan Optimisme

Pandemi Corona, MAN 1 Yogya Terapkan Pembelajaran Online
02-April-2020

Pandemi Corona, MAN 1 Yogya Terapkan Pembelajaran Online