24-December-2019

Pecinta Alam MAN 1 Yogya Gelar Diklatsar

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Kelompok Pecinta Alam atau yang dikenal Kelompok Petualang Gunung dan Rimba (KPGR) ‘Lebah Gunung’ MAN 1 Yogyakarta menggelar Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar), Ahad-Rabu (22-25 Desember), di  Kedungmiri, Sriharjo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Pelatih KPGR ‘Lebah Gunung’ Setya Noer Atmoko menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta kelas X dan XI.  Dengan melibatkan 21 panitia dan relawan para alumnus yang turut membantu dalam Diklatsar yang ke-20 ini.

Lanjutnya, sebelum pelaksanaan Diklatsar semua peserta telah mengikuti materi ruang, tes fisik, mental dan kesehatan.  Selain itu, kegiatan ini juga bekerjasama dengan beberapa lembaga. Antara lain, Search And Rescue (SAR) DIY, Tim Reaksi Cepat Badan Nasional Penanggulangan Bencana DIY, NCC Emergency Universitas Muhammadiyah Yogyakarta(UMY), dan Polda DIY. “Kegiatan ini sebagai ajang untuk membentuk karakter yang kuat, siap menghadapi tantangan,” ujarnya.

Sementara itu, Guru Pembimbing KPGR ‘Lebah Gunung’ M. Zeni, M. Pd. I. dalam upacara pemberangkatan berpesan, agar setiap peserta menjaga etika, adab sopan santun. Pasalnya, walaupun kegiatan ini digelar di alam, namun kegiatan ini akan melibatkan banyak pihak, di tempat kegiatan, khususnya masyarakat sekitar. “Tetaplah tetap jaga etika, kalian siswa madrasah,” pintanya.

Ragam kegiatan dan materi yang akan didapatkan oleh para peserta, pada kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari ini. antara lain, pendalaman materi rappelling, navigasi, survival, dan mountain sickness dan penerapannya. (dzl)


tags
Pecinta   Alam   MAN   1   Yogya   Gelar   Diklatsar  

Berita
INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU  MAN 1 YOGYAKARTA  TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
21-January-2020

INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

MANGO MANSA
18-January-2020

MANGO MANSA

MOSAIC MANSA
18-January-2020

MOSAIC MANSA

Borong Kejuaraan Kota, Pesilat Siswa MAN 1 Yogya Siap Maju di Popda
27-January-2020

Borong Kejuaraan Kota, Pesilat Siswa MAN 1 Yogya Siap Maju di Popda

MAN 1 Yogya Rebut Juara Umum ITC
27-January-2020

MAN 1 Yogya Rebut Juara Umum ITC