24-March-2018

Workshop Pendidikan Karakter Untuk Guru Dan Pegawai

Yogyakarta (MAN 1 YK)-Guru dan pegawai menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menciptakan milieu madrasah yang kondusif. Karena itu, MAN 1 Yogyakarta gelar workshop pendidikan karakter untuk guru dan pegawai, demi mewujudkan harmoni antara siswa, guru, dan pegawai, Kamis(22/3), di aula lantai 2.

Workshop dengan tema ‘Penguatan pedidikan karakter dalam mewujudkan madrasah ramah anak’ itu berlangsung mulai pukul 12.30 WIB sampai 15.00 WIB. bersama Ketua KPAI Kota Yogyakarta Ki Sutikno, yang sebelumnya telah memberikan materi tentang pendidikan karakter kepada kelas X dan kelas XI, selama dua hari(21-22 Maret 2018).

Ki Sutikno menuturkan, apa yang telah disampaikan kepada para siswa harus juga ditindaklanjuti dengan oleh guru dan pegawai. karena itu ia berharap agar ada sinkronisasi pada seluruh civitas akademika. Menurutnya dalam mengawal pendidikan karakter, metode among merupakan cara yang tepat untuk diterapkan.  Sebuah metode yang digagas Ki Hajar Dewantara pada tahun 1922, yakni metode mendidik yang berjiwa kekeluargaan dan bersendi kemerdekaan dengan kodrat alam. Hal itu akan dapat mengantarkan siswa menjadi hebat dan bermartabat.

Sarannya, ada tiga tradisi yang perlu dikuatkan dalam keseharian siswa. Pertama, Membaca.  Jika siswa banyak membaca, maka akan terbuka jendela dunia. Kedua, Berbicara. Hal ini merupakan kalanjutan dari tradisi membaca. Karena membaca merupakan sumber ilham orang untuk berbicara.  Kemudian ketiga, menulis. “Membaca, berbicara wajib ditulis, karena inilah warisan wasiat kita sebagai insan yang berbudaya,”ujarnya.

Ia juga mengingatkan, setidaknya ada tujuh penyakit mental siswa, yang harus dibersihkan yaitu kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan, sombong, rasa gengsi, pelupa, malas dan tidak punya malu. Kemudian dikatakan, siswa yang berkarakter harus memiliki eksistensi diri, yaitu eksistensi fisik dan eksistensi energi, serta memiliki prestasi tinggi, dan kejujuran.

Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.S.I. berharap, melalui kegiatan ini, wawasan guru dan pegawai dapat meningkatkan.  “Wawasan dalam bersama-sama mendidik siswa menjadi generasi yang hebat dan bermartabat,”ungkapnya, kamis(22/3). (dzl)


tags
Workshop   Pendidikan   Karakter   untuk   Guru   dan   Pegawai  

Berita
Peduli Masa Krisis Akibat Corona,	 MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah
20-May-2020

Peduli Masa Krisis Akibat Corona, MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom
16-May-2020

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta
11-May-2020

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online
02-May-2020

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online

Pengumuman Kelulusan
02-May-2020

Pengumuman Kelulusan