21-July-2017

Serah Terima Santri MAN-PK MAN 1 Yogyakarta

Yoyakarta(MAN 1 YK)-Sebanyak 24 siswa MAN-PK mulai menempati asrama Pondok Pesantren Al-Hakim MAN 1 Yogyakarta, Sabtu(14/7). Kehadiran mereka bersama orang tua wali, disambut langsung oleh pengasuh pondok pesantren dan segenap Pembina asrama, di Masjid Al-Hakim lantai 1.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hakim Drs.KH.Muhammad Nawawi, M.S.I. mengungkapkan, di antara wali santri yang hadir itu adalah alumni MAN-PK di MAN 1 Yogyakarta, era Menteri Agama Prof. Dr. H. Munawir Sjadzali.  “Ini pertanda, bahwa kami masih dipercaya,”ujarnya, mengawali sambutan.

Selanjutnya Nawawi menyampaikan, pada awal tahun pelajaran baru ini, asrama MAN-PK sedang direnovasi sehingga banyak material bangunan dan mungkin suara mesin bangunan yang menggangu kenyamanan. Untuk ia berharap para santri baru untu bersabar, dan bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada.

Sementara itu wakil orang tua wali santri Dr.A.Yani Ansori  yang juga alumni MAN-PK angkatan ke-2 tahun 1988. Ia mengawali sambutannya dengan menyampaikan cerita singkat, bahwa ia dulu pernah mengenyam pendidik dan pengajaran di tempat itu. Tuturnya, hingga kini ia masih saja teringat dengan syair bahasa arab yang sering diucapkan oleh pengasuhnya(M.Nawawi). syair itu begitu menginspirasi perjalanan hidupnnya.

“Saafir tajid ‘iwadhan ‘aman tufaariquhu, fanshob, fa inna ladziidzal ‘aisyi fin nashobi(Merantaulah, engkau akan mendapatkan pengganti dari orang-orang yang kau tinggalkan; dan bekerja keraslah karena sesungguhnya kelezatan hidup itu ada dalam kerja keras),”ujarnya.

Selanjutnya, selaku orang tua wali, ia berharap agar program MAN-PK ini dikelola sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Lantas ia mengungkapkan, sedikitnya ilmu itu ada tiga macam, yaitu ilmu aqli(rasional), ilmu ahwal(rohani), dan ilmu arsy(ilmu yang tidak dipelajari/laduni-red).

Selain itu, ia berharap kepada seluruh santri baru agar mencari ilmu memperhatikan tiga hal, yaitu irsyadul ustadz(bimbingan guru), talqiinul ustadz(sorogan), dan suhbatul ustadz(mengikuti dan mencontoh ustadz). Ia juga mengingatkan agar selalu menjaga keikhlasan, agar ilmu yang didapat bermanfaat dan berkah.

Acara serah terima berlangsung khidmat, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan santri dan wali santri dengan para Pembina asrama Pondok Pesantren Al-Hakim.(dzl)


tags
Serah   Terima   Santri   MAN-PK   MAN   1   Yogyakarta  

Berita
Peduli Masa Krisis Akibat Corona,	 MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah
20-May-2020

Peduli Masa Krisis Akibat Corona, MAN 1 Yogya Salurkan Zakat Fitrah

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom
16-May-2020

MAN 1 Yogya Gelar Khotmil Quran via Aplikasi Meeting Zoom

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta
11-May-2020

Ajak bersyukur dan bersabar, Mohammad Zeni Guru MAN 1 Yogya Juara 2 Lomba Video Kemenag Kota Yogyakarta

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online
02-May-2020

MAN 1 Yogya Umumkan Kelulusan Siswa Kelas XII Via Online

Pengumuman Kelulusan
02-May-2020

Pengumuman Kelulusan