27-May-2017

Siap Lebih Dini, MAN 1 Yogyakarta Gelar Uji Publik Kurikulum

Yogyakarta(MAN 1 YK)—Kurikulum menjadi instrumen penting dalam lembaga pendidikan. Mengingat perkembangan zaman yang sangat dinamis, maka setiap lembaga pendidikan wajib mengontrol kelayakannya, karena kurikulum itu menjadi pedoman dan bahan acuan proses pendidikan.  Untuk itu dalam melihat dan kesesuaian kurikulum, MAN 1 Yogyakarta gelar uji publik, di Aula lantai 2, Sabtu(20/5) siang.

Sebagai persiapan menghadapi tahun pelajaran  2017/2018 yang akan dimulai Juli 2017 mendatang, madrasah ini telah membuat persiapan dari berbagai aspek. Kegiatan yang diikuti segenap civitas akademika  itu, juga menghadirkan narasumber widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Semarang Nurul Kamilati, M.Pd., M.Ed. dan Pengawas Madrasah  Drs.H.Paiman, M.Pd.I., selain itu hadir pula Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Kanwil D.I.Yogyakarta Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I

Edhi Gunawan  mengatakan, uji publik kurikulum  sebagai rangkaian penyusunan kurikulum dan tanggungjawab, serta untuk melihat kelayakan, yang akan menjadi pedoman.  Terangnya, kurikulum 2013(K-13) dengan dinamikanya, mengarah kepada pembentukkan karakter.  Banyaknya prestasi yang telah dicapai, merupakan gambarkan kurikulum yang diterapkan di madrasah. “Ini pas sekali(tepat sekali-red), jelang tahun pelajaran baru sudah dipersiapkan,”ujarnya.

Acara terus berlangsung. Wakamad Bidang Kurikulum Drs, Giyanto dan Wakamad Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA., keduanya mempresentasikan rancangan dan program di hadapan narasumber dan civitas akademika MAN 1 Yogyakarta.

Usai presentasi, banyak masukan dan usulan pada acara yang digelar siang itu. Terkait dengan banyaknya perubahan dan regulasi baru pada kurikulum 2013, Widyaswara Balai Diklat Keagamaan Semarang Nurul Kamilati, M.Pd., M.Ed.  menuturkan, citivitas akademika MAN 1 Yogyakarta telah bekerja dengan baik.  Untuk itu ia berharap agar, madrasah ini selalu mengikuti perkembangan dan regulasi, serta peraturan pemerintah yang baru.  Pasalnya, setidaknya kurikulum yang diterapkan mempunyai landasan hukum.

Lantas Nurul menunjukan proses dan prosedur dalam penyusunan kurikulum, yaitu analisis, penyusunan, penetapan, dan pengesahan.  Lanjutnya, setidaknya sebelum kurikulum itu disusunan, hendaknya terlebih dahulu melakukan analisa terhadap Ketentuan per undang-undangan mengenai  K-13, kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan lingkungan, serta ketersediaan sumber daya pendidikan.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. sangat mengapresiasi masukan dan usulan perbaikan kurikulum, pada uji publik tersebut. Pihaknya juga akan segera memperbaikinya, minimal sebelum tahun pelajaran baru 2017/2018 kurikulum ini sudah jadi.

“Semoga menjadi amal jariyah kita semua,”harapnya, saat menutup acara evaluasi, Senin(22/5). (dzl)


tags
Siap   Lebih   Dini,   MAN   1   Yogyakarta   Gelar   Uji   Publik   Kurikulum  

Berita
Peringati HSN, MAN 1 Yogya Gelar Mujahadah dan Hadirkan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri
22-October-2020

Peringati HSN, MAN 1 Yogya Gelar Mujahadah dan Hadirkan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri

PKKM Berlangsung Lancar, MAN 1 Yogyakarta Fokuskan Tiga Program Utama
21-October-2020

PKKM Berlangsung Lancar, MAN 1 Yogyakarta Fokuskan Tiga Program Utama

Hadirkan Mahasiswa Tiga Negara,  MAN 1 Yogya Gelar Orientasi Studi di Luar Negeri
21-October-2020

Hadirkan Mahasiswa Tiga Negara, MAN 1 Yogya Gelar Orientasi Studi di Luar Negeri

Tingkatkan Layanan Masyarakat, MAN 1 Yogyakarta Tandatangani MOU Sistem Informasi Digital Madrasah
01-October-2020

Tingkatkan Layanan Masyarakat, MAN 1 Yogyakarta Tandatangani MOU Sistem Informasi Digital Madrasah

Angkat Masalah Keistimewaan DIY, Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 3 Lomba Esai Tingkat Nasional
30-September-2020

Angkat Masalah Keistimewaan DIY, Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 3 Lomba Esai Tingkat Nasional