Tim Jurnalis MAN Yogyakarta I Raih Juara 1 Lomba Majalah Dinding Ekonomi Syariah

Yogyakarta(MAN YK I)-Tim Jurnalis Siswa MAN Yogyakarta I atau Mansa Journalist(MAJOR) buktikan prestasi mereka dalam Lomba Majalah Dinding 3D. Kegiatan ini digelar oleh fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu(23/11) pekan lalu, dalam rangka Syaria Expo #2  untuk para siswa tingkat SMA/MA/ SMK se-DIY.

Banyak  kegiatan yang digelar pada event ini, seperti Lomba Band Akustik, Bazar Lembaga Keuangan Syariah, dan Talkshow Ekonomi Kreatif. Adapun Lomba majalah dinding mengangkat tema ‘Perekonomian Syariah’ yang diselenggarakan di Kampus UIN Sunan Kalijaga, Jl. Adisutjipto km. 10, Sambilegi, Yogyakarta.

Peraturan lomba yang berlaku, setiap peserta sudah membawa hasil majalah dinding yang 70 persen sudah dikerjakan sejak di sekolah masing-masing. Kemudian yang 30 persen, atau penyelesaiannya di kerjakan di tempat lomba. Aspek penilaian berdasarkan beberapa hal yaitu kesesuian isi dengan tema, variasi bentuk, efisiensi biaya yang dikeluarkan.  Lebih dari itu, setiap peserta diwajibkan untuk mempresentasikan karyannya di hadapan dewan juri.

Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, akhirnya Tim Jurnalis MAN Yogyakarta I berhasil meraih juara 1 dalam event ini, kemudian disusul SMA Negeri 2 Yogyakarta yang meraih juara 2, dan SMK Negeri Yogyakarta 3 yang meraih juara 3.

Pelatih Jurnalistik MAN Yogyakarta I Betha Merriana Saragih menuturkan, bahan-bahan yang digunakan untuk mengikuti lomba ini, menggunakan barang-barang bekas, sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya.

Terang Kak Etha demikian sapaan akrabnya, Tim Jurnalis telah menyiapkan Isu pokok yang diangkat yaitu tentang sejarah perkembangan lembaga perekonomian syariah di Indonesia, yakni: Sejarah terbentuknya bank syariah, kapan bank syariah pertama didirikan di Indonesia, dan apa saja perbedaan antara Bank syariah dan bank konvensional.

Lanjut Etha, hal-hal tersebut dikemas dalam tiga rubrik, yaitu artikel, opini, dan komik. Dalam menyiapkan materi tersebut, anggota Tim terlebih dahulu melakukan wawancara dengan sejumlah guru Ekonomi dan Fiqih di MAN Yogyakarta I.

Kerja keras mereka membuahkan hasil. Majalah Dinding yang berbentuk pop-up ini berhasil meraih Juara 1, yang diumumkan pada Malam Puncak Sharia Finance Expo #2 Jumat, 25 November 2016 di Kampus Pusat UIN Sunan Kalijaga.

“Kedepannya, diharapkan Jurnalistik MAN Yogyakarta 1 dapat mengikuti lebih banyak lomba dan mencetak lebih banyak prestasi untuk madrasah,”pintanya.(Tara/dzl)


tags
Tim   Jurnalis   MAN   Yogyakarta   I   Raih   Juara   1   Lomba   Majalah   Dinding   Ekonomi   Syariah  

Berita
MAN 1 Yogya Gelar Workshop Pelayanan SKS
05-August-2020

MAN 1 Yogya Gelar Workshop Pelayanan SKS

Semarak Idul Qurban MAN 1 Yogya, Bantu Kaum Dhu’afa
05-August-2020

Semarak Idul Qurban MAN 1 Yogya, Bantu Kaum Dhu’afa

Siswa MAN 1 Yogya Juara Short Story Competition Tingkat Nasional
03-August-2020

Siswa MAN 1 Yogya Juara Short Story Competition Tingkat Nasional

Kemenko PMK Monitoring Pembelajaran MAN 1 Yogya Selama Pandemi
29-July-2020

Kemenko PMK Monitoring Pembelajaran MAN 1 Yogya Selama Pandemi

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Pegawai dan Guru MAN 1 Yogya Lakukan Senam Pagi
25-July-2020

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Pegawai dan Guru MAN 1 Yogya Lakukan Senam Pagi