31-May-2016

Sambut Ramadhan, MAN Yogyakarta I Gelar Tabligh Akbar Dan Wisuda Tahfidz

Yogyakarta (MAN YK I)—MAN Yogyakarta I gelar Tabligh Akbar dan wisuda Tahfidz, Sabtu(21/5), di lapangan upacara MAN Yogyakarta I.  Menghadirkan  seorang Mubaligh  asal Bandung Jawa Barat  Akbar Azhary Muhammad. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas  akademika MAN Yogyakarta I, orang tua wali murid, komite madrasah, pengawas, dan segenap pegawai Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Ketua Panitia Penyelenggara Fany Muzakky menjelaskan, kegiatan ini untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan mendukung gerakan mengaji.  Ia menyampaikan, sebanyak 167 siswa yang diwisuda tahfidz pada kesempatan ini. adapun jumlah hafalan mereka beragam, mulai 1 juz sampai 30 juz.

Tepat pukul 07.00 WIB, alunan musik group hadroh kasyiful kurob  sudah sambut para hadirin yang mulai berdatangan. Tampak para siswa dan jama'ah mengenakan busana warna putih, serta duduk lesehan depan panggung.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY  Drs.H. Noor Hamid, M.Pd.I mengungkapkan, banyak peristiwa yang sangat memprihatinkan terjadi di akhir-akhir ini, seperti kekerasan seksual. Menurutnya, itu karena pelaku lepas kendali dan tidak bisa mengontrol diri, serta menjadi pertanda agama mereka lemah.

Maka dari itu,  Noor Hamid menunjukkan, dengan tahfidz Al-Quran merupakan upaya mendapat petunjuk dan mengendalikan diri dari segala macam kemaksiatan.

“Al-Quran itu sejatinya sudah komplit, dengan mendalami dan mengamalkan  Al-Quran insya Allah akan terhindar dari hal-hal yang negatif,”ujarnya.

Lanjut Noor Hamid, Hafalan Al-Quran sudah menjadi program unggulan tiap madrasah se-DIY, target capaian yang ditetapkan untuk jenjang  Raudhotul Atfal (RA): 1 juz, Madrasah Ibtidaiyah(MI): 10 juz, Madrasah Tsanawiyah(MTs):20 juz, dan Madrasah Aliyah (MA): 30 juz.

“ini baru awal, sehingga belum bisa mencapai semua yang ditargetkan.  Beberapa  perguruan tinggi sudah bekerjasama dengan kami, para alumni madrasah yang hafal 30 juz akan mendapatkan beasiswa selama menempuh studi di perguruan tinggi,”pungkasnya. 

Senada dengan hal ini, Kepala MAN Yogyakarta I Drs.H.Suharto sangat mengapresiasi dan memberikan  penghargaan yang setinggi-tingginya pada Organisasi Siswa Bidang Rohani Islam(ROHIS) atas terselenggaranya kegiatan ini.  

“ini bagian dari revitalisasi ciri khas keagamaan, mudah-mudahan hal ini(tahfidz Quran-red), sikap tawadhu’, toleransi, dan akhlakul karimah lainya, bisa menjadi pembeda antara sekolah kita dengan sekolah umum lainnya,”harapnya.

Sementara itu Mubaligg Akbar Azhary Muhammad  dalam ceramahnya mengajak para hadirin untuk meneladani kisah Sahabat Nabi Muhammad saw Salman Al-Farisi yang inspiratif.  Selain itu ia juga mengajak, agar mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan suci Ramadhan dengan niat yang tulus dan ikhlas. Untuk kalangan siswa,  ia berpesan agar fokus mencari ilmu, dan menghidari segala macam maksiat. Pasalnya maksiat dapat menghambat masuknya ilmu.

Turut memeriahkan acara ini, Group nasyid Fatih Acapella.  Grup Nasyid yang beraliran A cappella asal dari Yogyakarta ini tampil memukau. Nasyid demi nasyid yang dilantunkan disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.(dzl)


tags
  

Berita
Rohis Al-Hakim MAN 1 Yogya dan Rohis Al-Kahfi MAN 2 Sleman Kuatkan Silaturrahim
20-November-2019

Rohis Al-Hakim MAN 1 Yogya dan Rohis Al-Kahfi MAN 2 Sleman Kuatkan Silaturrahim

MAN 1 Yogya Sambut Kunjungan Mahasiswa BKPI IAIN Kudus
19-November-2019

MAN 1 Yogya Sambut Kunjungan Mahasiswa BKPI IAIN Kudus

Langkah Sukses, POLDA DIY Ajak  Siswa MAN 1 Yogya Minta Doa dan Restu Orang Tua
19-November-2019

Langkah Sukses, POLDA DIY Ajak Siswa MAN 1 Yogya Minta Doa dan Restu Orang Tua

Peringati Maulid Nabi, PP Alhakim MAN 1 Yogya Hadirkan Habib Aydrus dari Yaman
19-November-2019

Peringati Maulid Nabi, PP Alhakim MAN 1 Yogya Hadirkan Habib Aydrus dari Yaman

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK
16-November-2019

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK