30-June-2016

Orientasi Peminatan MAN Yogyakarta I: Langkah Menuju Kesuksesan

Yogyakarta (MAN YK I)-Bagi Peserta Didik Baru peminatan merupakan bagian yang sangat penting. Karena peminatan menjadi salah satu faktor kelancaran dan keberhasilan dalam menempuh studi, baik di madrasah maupun studi lanjut pernguruan tinggi, sementara itu banyak orang tua/wali murid yang terkadang berbeda dengan keinginan putranya.  Untuk menjembatani hali ini, MAN Yogyakarta I selenggarakan Orientasi Peminatan, Rabu(29/6). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh orang tua/wali murid, di Aula MAN Yogyakarta I, berlangsung mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Wakil dari orang tua/wali murid Drs.Sumaryatim, M.Pd. menyampaikan banyak terimakasih kepada Panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Yogyakarta I yang telah melakukan seleksi dan menerima putra-putri mereka untuk mengenyam pendidikan dan pengajaran di madrasah ini.

“Kami percayakan kepada madrasah ini, untuk mendidik dan membimbing putra-putri kami, agar menjadi anak yang ‘alim sholih dan ‘alimah sholihah,”ujarnya.

Terkait dengan proses peminatan, orang tua dan wali murid Hamim Farchans ini, menyerahkan sepenuhnya pada madrasah, kendati demikian selaku orang tua dan wali berharap agar putra- putri yang bersekolah di sini, mendapatkan jurusan yang sesuai dengan keinginan. “tetapi kalau toh, nanti setelah proses ini tidak masuk jurusan yang sesuai dengan minat, kami menyadari  pada intinya semua jurusan itu baik,”katanya.

Wakil Kepala MAN Yogyakarta I Bidang Kurikulum Drs.Giyanto menuturkan, ratusan orang tua yang mendaftarkan putranya ke madrasah ini namun tidak semua lolos seleksi, untuk itu ia mengajak kepada seluruh orang tua wali untuk bersyukur. “Kami dengan senang hati menerima putra-putri bapak ibu sekalian, semoga putra-putri ibu bisa berprestasi serta menjadi anak yang ‘alim sholih dan ‘alimah sholihah,”harapnya.

Selanjut berkenaan dengan proses pendidikan dan pengajaran, Giyanto meminta kepada seluruh orang tua dan wali untuk menjalin kerjasama yang baik dengan madrasah ini. “tanpa dukungan dan kerjasama bapak ibu tentu hasilnya kurang maksimal,”ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Bimbingan Konseling (BK) MAN Yogyakarta I R.Hamdan Jauhari, S.Pd. berharap agar kegiatan ini bisa menjadi awal kesuksesan para Peserta Didik Baru. Ia mengajak orang tua wali agar memahami betul bakat dan minat anak, serta tidak terlalu memaksakan kehendaknya.

Kemudian Hamdan menjelaskan, dasar pengelompokan peminatan di MAN Yogyakarta I bertumpu pada 4 hal yaitu Angket minat, Nilai Ujian Nasional, Hasil Tes Potensi Akademik, dan Agama.

Hamdan juga mengungkapkan, kegiatan ini bagian dari upaya untuk mendampingi dan memfasilitasi perkembangan peserta didik secara aktif agar mencapai pekermbangan yang optimal. Sehingga Peserta Didik menurutnya, mendapatkan tempat  sesuai dengan minat  dengan potensi dan peluang yang ada. (dzl)

 


tags
  

Berita
INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU  MAN 1 YOGYAKARTA  TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
28-November-2019

INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Guru MAN 1 Yogya Sambut Hangat Kunjungan Menag Fachrul Razi
16-December-2019

Guru MAN 1 Yogya Sambut Hangat Kunjungan Menag Fachrul Razi

Tingkatkan Kesadaran Hukum,  Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung ke Lapas Wirogunan
16-December-2019

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung ke Lapas Wirogunan

Menteri Agama Fachrul Razi Ajak Kuatkan Moderasi Beragama, Keislaman dan Identitas Kebangsaan
13-December-2019

Menteri Agama Fachrul Razi Ajak Kuatkan Moderasi Beragama, Keislaman dan Identitas Kebangsaan

Menag  Resmikan Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta
13-December-2019

Menag Resmikan Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta