17-September-2019

92 Persen Siswa MAN 1 Yogya Studi Lanjut PT

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Sesuai dengan Undang-undang RI No. 20 tentang Sisdiknas Pasal 19 menyatakan bahwa tujuan SMA adalah mempersiapkan para siswa melanjutkan ke jenjang berikutnya. Mengingat tujuan dari SMA maka kurikulum dirancang untuk mempersiapkan melanjutkan studi ke jenjang  pendidikan tinggi. MAN 1 Yogyakarta adalah lembaga pendidikan setara SMA di bawah pembinaan Kementerian Agama dengan salah satu misinya memfasilitasi siswa untuk studi lanjut.

Berdasarkan pendataan siswa  MAN 1 yang menempuh studi lanjut di tahun 2019 dari seluruh kelas XII berjumlah 223, sebanyak 92 % atau 206 siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Farah Husna, M.Pd. guru bimbingan konseling menjelaskan,  MAN 1 dari sejumlah 206 siswa yang studi lanjut 76% (148) diterima di perguruan tinggi negeri dan 23% (48) di PTS. Selain itu  yang membanggakan terdapat 2 siswa yang melanjutkan studi di luar negeri yaitu di Al Azhar Kairo, Mesir dan Politeknik College di Cina.

Farah menambahkan, siswa yang diterima di PTN, 38 siswa di UIN sunan Kalijaga, 37 di UNY, 30 di UGM, 8 di UPN Yogya dan 7 siswa di UNDIP serta PTN lain seperti di ITB, IPB, ITS, Airlangga, Unsoed, Brawijaya, Poltekes negeri juga lainnya. Sedangkan yang di PTS terbanyak di UII sebanyak 23 siswa.

Untuk mendukung kesuksesan siswa studi lanjut, beberapa program  kegiatan pembelajaran dirancang.  Terang Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Si. antara lain, Program Carier Day yang merupakan layanan informasi sebagai suatu pemberian informasi tentang pendidikan pasca jenjang madrasah yang ditempuh siswa saat ini atau sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk kepentingan atau kebutuhan peserta didik studi lanjut.

Selanjutnya kata Taufik, juga dikembangkan layanan home visit dan pembimbing akademik dengan seorang guru membimbing 5–6 siswa sehingga dapat diperoleh keselarasan antara minat siswa dan keinginan orang tua. Program lainnya berupa psikotest untuk mengetahui minat dan motivasi siswa  terhadap program studi lanjut pilihannya, juga dikembangkan bimbingan persiapan UTBK dan try out beberapa kali untuk mengukur kesiapan UTBK siswa.

Sementara itu Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. saat melepas kontingen KSM dan MYRES, Sabtu (14/9) mengungkapkan, bahwa keberhasilan siswanya yang 92 % studi lanjut ke PT merupakan peningkatan dari tahun lalu sebanyak 86 %. Berdasarkan data yang diterima, siswa MAN 1 studi lanjut di PTN dengan program studi favorit pilihan calon mahasiswa IPA yang menempuh UTBK  seperti pendidikan dokter di UGM dan UNS, teknik informatika, teknik elektro, farmasi di UGM juga teknik perkapalan  di ITS. Sedangkan program IPS diantaranya psikologi dan hukum serta diterima di STAN Jakarta.

Keberhasilan dalam studi lanjut siswanya di tahun ini menurut Wiranto merupakan realisasi dari program pembelajaran yang telah disusun dan direncanakan oleh segenap civitas akademika, juga didukung oleh minat dan motivasi  siswa untuk studi lanjut serta komunikasi yang terjalin secara intensif dengan orang tua siswa.

Selain itu tradisi di setiap tahunnya terdapat siswa yang melanjutkan jenjang studi lanjut ke perguruan tinggi luar negeri seperti tahun ini di Mesir dan Cina serta tahun sebelumnya di Mesir juga Turki  serta Australia memberi bukti bahwa siswa MAN 1 sudah benar-benar bersiap untuk menghadapi tantangan yang semakin mengglobal di era revolusi industri 4,0. (prb/dzl)


tags
92   Persen   Siswa   MAN   1   Yogya   Studi   Lanjut   PT  

Berita
Tingkatkan Kerjasama dan Silaturahim, MPS MAN 1 Yogya Studi Banding ke SMAN 1 Godean
21-October-2019

Tingkatkan Kerjasama dan Silaturahim, MPS MAN 1 Yogya Studi Banding ke SMAN 1 Godean

MAN 1 Yogya Berbagi Nasi Bungkus, Jelang Peringatan Hari Santri Nasional
19-October-2019

MAN 1 Yogya Berbagi Nasi Bungkus, Jelang Peringatan Hari Santri Nasional

Sambut Hari Santri Nasional, MAN 1 Yogya Gelar Fescosama
19-October-2019

Sambut Hari Santri Nasional, MAN 1 Yogya Gelar Fescosama

Mengenal Sosok Ketua OSIS MAN 1 Yogya Periode 2019/2020
18-October-2019

Mengenal Sosok Ketua OSIS MAN 1 Yogya Periode 2019/2020

MAN 1 Yogya Borong Piala Lomba  Esai Tingkat SMA se-DIY
18-October-2019

MAN 1 Yogya Borong Piala Lomba Esai Tingkat SMA se-DIY