12-September-2019

Siswa MAN 1 Yogya Akan Tanding Di International Robotic Competition Malaysia

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Abizard Rahadiyan Wahyudi dan Ammarsatya Esza, kedua siswa MAN 1 Yogyakarta  ini akan bertanding dalam Kompetisi Robotik tingkat Internasional atau International Robotic  Competition, yang digelar International Islamic University Malaysia (IIUM), yang akan berlangsung (13-15 September), di Malaysia. Tim Robotik  madrasah ini, akan bersaing pada Robot kategori Creative, satu dari delapan Kategori, yaitu Soccer Robot, Autonomous sumo, mini combat, trashure hunt, time rush, creative, rove, dan drone.

Hal tersebut disampaikan dalam acara audiensi kedua siswa tersebut, yang didampingi Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dan wakamad Bidang Kesiswaan Soeprastiyono, M.Pd.I.  pada Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY Muntolib, S.Ag, di ruang kerjanya.

Muntholib mengapresiasi kerja keras kedua siswa tersebut. Ia juga berharap agar kedua siswa ini dapat mengikut kompetisi internasional ini dengan baik dan lancar, serta dapat meraih kejuaraan. “Prestasi madrasah harus kita pertahankan,” ujarnya.

Abizard demikian sapaan akrabnya, saat ditemui menjelaskan, Robot karya keduanya adalah Automated egg sorter, based on convegor and light sensor (Robot yang menyortir telur secara otomatis berbasis cahaya). Lanjutnya, melalui robot ini, akan memudahkan dalam memilah dan membedakan antara telur segar dan telur busuk.

Siswa kelahiran, Sleman, 3 Mei 2003 itu menuturkan, ide kreatif didapatkan ketika ia berkunjung di salah peternakan ayam petelur. Saat itu, ia melihat cara memilah telur ayam yang berjumlah banyak, tetapi menggunakan hanya menggunakan cara yang sederhana yaitu air atau dengan diterawang satu persatu dengan cahaya. Tentu hal ini, menurutnya tidaklah efektif dan efisien.

Lanjutnya, belajar dari kesulitan tersebut kemudian ia mempunyai gagasan dan ide bagaimana cara membantu para peternak agar mempermudah memilah dan membedakan telur yang masih segar dan telur yang sudah busuk. “Mudah-mudahan ide kreatif dan robot ini mendapat juara dan bermanfaat,” ujarnya.

Sebelumnya Abizard juga telah meraih banyak prestasi dalam bidang robotic. Antara lain, Juara 1 Aurora Robotic Competition di Universitas Negeri Purwokerto Tahun 2016, Juara 3 Madrasah Robotic Competition Kemenag Pusat Tahun 2016, Juara 1 Aurora Robotic Competition di Universitas Negeri Purwokerto Tahun 2017, Juara Harapan 1 E-Bote Competition, Taman Pintar MIPA UGM Tahun 2017, Juara 1 Madrasah Robotic Competition Kemenag Pusat Tahun 2018, dan Juara 3 KRPY Taman Pintar UGM Tahun 2018. (dzl)


tags
Siswa   MAN   1   Yogya   akan   Tanding   di   International   Robotic   Competition   Malaysia  

Berita
Semakin Diminati, MAN 1 Yogya Terapkan Outdoor Study
14-September-2019

Semakin Diminati, MAN 1 Yogya Terapkan Outdoor Study

Kuatkan Semangat Berprestasi, Pramuka MAN 1 Yogya Beberkan Capaian Prestasi
14-September-2019

Kuatkan Semangat Berprestasi, Pramuka MAN 1 Yogya Beberkan Capaian Prestasi

Siswa MAN 1 Yogya Wakili Kota Yogyakarta dalam Seleksi Duta Remaja Sehat DIY
14-September-2019

Siswa MAN 1 Yogya Wakili Kota Yogyakarta dalam Seleksi Duta Remaja Sehat DIY

Berani Tampil Beda, Roadshow DBL 2019 di MAN 1 Yogya Berlangsung Meriah
13-September-2019

Berani Tampil Beda, Roadshow DBL 2019 di MAN 1 Yogya Berlangsung Meriah

Dikemas Menarik, English Conversation Jadikan  Belajar Bahasa Inggris di MAN 1 Yogya Lebih Mudah
13-September-2019

Dikemas Menarik, English Conversation Jadikan Belajar Bahasa Inggris di MAN 1 Yogya Lebih Mudah