09-September-2019

Siswa MAN 1 Yogya Aktif Di Jelajah Malam Museum Benteng Vredeburg

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Program "Ayo dolan museum" yang sedang digalakkan pemerintah Provinsi DIY dengan menggratiskan biaya masuk ke beberapa museum sangat menarik minat pelajar Jogja. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan pada malam hari, sehingga membuat Jelajah Malam Museum di Benteng Vredeburg, Sabtu (7/9) malam, ramai antusias.

Salah satunya siswi MAN 1 Yogyakarta, Fatiya Hasna Alifan (X IPS 2), sebagai salah satu siswa yang aktif dan antusias dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ia mendapat reward untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Diharapkan agar siswa tersebut mengenal lebih dalam sejarah Yogyakarta yang juga merupakan salah satu pusat kesejarahan Islam Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Malam Museum tersebut dimulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB.

Antusias luar biasa ditunjukkan para peserta. "Acara tersebut sangat luar biasa dan seru. Dan semoga Mapel SKI mengadakan kegiatan jelajah sejarah seperti itu,” kata Hasna Alifan (siswa MAN 1 YK) penuh antusias.

Diawali dengan jelajah museum yaitu ruang Diorama 1 dan 2 museum benteng Vredeburg. Kunjungan ini didampingi langsung oleh edukator museum Rosyid dan Tyas. Para peserta diberi pengetahuan tentang isi diorama serta koleksi-koleksi museum yang dipajang.

Semua antusias dan semangat bertanya terkait koleksi museum benteng Vredeburg. Setelah puas menjelajah, kegiatan dilanjutkan dengan bermain games seru seputar pengetahuan umum serta modul yang berisi berbagai pertanyaan seputar isi koleksi museum. Para peserta juga dengan semangat mengerjakan Games yang telah disiapkan tersebut.

Kemudian ditutup manis dengan penampilan Sanggar Seni Barakat Jubata yang membawakan musik dari tradisi melayu Kalimantan barat. Pertunjukkan seni musik tradisional tersebut menambah panjang daftar keseruan sekaligus menutup kegiatan jelajah malam museum tersebut. (adr/dzl)


tags
Siswa   MAN   1   Yogya   Aktif   di   Jelajah   Malam   Museum   Benteng   Vredeburg  

Berita
Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia
11-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia

Siswa MAN 1 Yogya Lakukan Kunjungan di Komando Armada II Surabaya
11-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Lakukan Kunjungan di Komando Armada II Surabaya

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Jamaah Sholat Subuh di Masjid Namira
11-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Jamaah Sholat Subuh di Masjid Namira

 Film Dokumenter Siswa MAN 1 Yogya Raih Nominasi Terbaik Youth Sineas Award
11-November-2019

Film Dokumenter Siswa MAN 1 Yogya Raih Nominasi Terbaik Youth Sineas Award

Siswa MAPK MAN 1 Yogya Ikuti Kuliah Umum Dr. Umar Kalash  asal Lebanon
04-November-2019

Siswa MAPK MAN 1 Yogya Ikuti Kuliah Umum Dr. Umar Kalash asal Lebanon