16-July-2019

Pembukaan Matsama MAN 1 Yogyakarta:”Jangan Ada Perpeloncoan!”

Yogyakarta(MAN 1YK)-Masa Ta’aruf Siswa Baru Madrasah(Matsama) MAN 1 Yogyakarta dimulai, Senin(15/7) pagi. Sebanyak 263 siswa baru mengikuti apel pembukaan di lapangan bulu tangkis. Acara dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dan dihadiri oleh segenap guru dan pegawai.

Wiranto dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini sangatlah penting bagi siwa baru. Pasalnya, dengan kegiatan ini para siswa baru diharapkan mengenal lingkungan madrasah, program dan kegiatan madrasah serta keunggulan madrasah.  Selain itu, mereka juga akan lebih mengenal potensi diri mereka masing-masing untuk ditumbuhkembangkan melalui lembaga pendidikan ini.

Wiranto mengingatkan, matsama bukanlah perpeloncoan. Tetapi sebagai kegiatan untuk menjadikan para siswa baru mengenal lingkungan madrasah. Karena itu ia melarang keras terjadinya perpeloncoan pada kegiatan ini.

“Jadikan kegiatan ini, kegiatan yang menyenangkan dan memotivasi, serta meningkatkan semangat untuk mengenyam pendidikan dan pengajaran di madrasah,”pintanya.

Karena itu, masing-masing siswa harus menjaga kesehatan.  Kegiatan yang melibatkan fisik seperti Pelatihan Baris Berbaris(PBB) tidak boleh berlebihan.

Matsama tahun pelajaran 2019/2020 ini akan berlangsung tiga hari(15-17 Juli 2019) dengan ragam agenda, antara lain pengenalan kurikulum mansa, pengembangan karakter Islami dan potensi siswa, pelatihan baris berbaris, wawasan hukum, disiplin, dan tata tertib madrasah, sosialisasi UU ITE dan penggunaan media sosial yang bijak, dan testimoni para alumnus mansa yang sukses di perguruan tinggi.

Usai kegiatan matsama dilanjutkan dengan beberapa agenda yang menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dan nasionalisme. Antara lain, pengenalan kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler, serta kunjungan ke Museum Pusat TNI AD "Dharma Wiratama" di Jl. Jend. Sudirman No.75 Yogyakarta.  kemudian diakhiri dengan taaru wali kelas dan kontrak disiplin dengan pendampingan bimbingan konseling. (dzl)


tags
Pembukaan   Matsama   MAN   1   Yogyakarta:”Jangan   ada   Perpeloncoan!”  

Berita
Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK
16-November-2019

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2  Vlog Jelajah Museum
16-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2 Vlog Jelajah Museum

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB
14-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019
14-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng
14-November-2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng