16-July-2019

MAN 1 Yogya Umumkan Hasil Tes Peminatan Kelas X

Yogyakarta (MAN 1 YK)- Untuk membantu para siswa kelas X untuk menetapkan minat pilihan kelompok mata pelajaran(program studi) yang akan ditempuh di madrasah, serta pilihan karir atau pilihan studi lanjutan sampai ke perguruan tinggi. MAN 1 Yogyakarta selenggarakan tes peminatan, Senin(8/7), dan hasil tes peminatan itu diumumkan, Sabtu(13/7) siang.

Sebelum hasil tes peminatan tersebut diumumkan, seluruh siswa kelas X mengikuti penjelasan dan pengarahan terkait hasil tes, di Masjid Al-Hakim lantai 2, dengan menghadirkan Psikolog dari Univeristas Gadjah Mada(UGM) Nopi Rosyida Qoriana, M.Psi.

Dihadirkan pula, para alumnus MAN 1 Yogyakarta tahun 2018 yang telah menjadi mahasiswa di beberapa perguruan tinggi. Antara lain Noviana Lestari dan Pramudya Arya Wibowo(prodi Bahasa), Dwiki Darmawan dan Ahmad Faiz Fadri Amrulloh(prodi IPS) dan  Dana Fatadila Rabba(prodi IPA).  Kehadiran mereka memberikan testimoni tentang proses peminatan di madrasah ini hingga mengantarkan mereka masuk perguruan tinggi.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. berharap agar para siswa menerima hasil tes peminatan apa adanya. Pasalnya, sering kali ditemukan banyak siswa menginginkan jurusan tetapi tidak sesuai dengan kemampuan akademik, bakat dan minat mereka, atau juga karena keingginan orang tua yang terlalu dipaksakan. Sehingga mereka tidak bisa maksimal dalam menjalani studi di madrasah ini. “Yang menjalani studi itu kalian(para siswa-red), bukan orang tua,”ungkapnya.

Guru Bimbingan Konseling(BK) Nuryohandoko, S.Pd menjelaskan, tes peminatan ini telah melalui beberapa tahap. Mulai dari pengisian angket oleh siswa, tes dengan materi psikologi dan mata pelajaran(Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS) hingga hasilnya diumumkan hari ini.

Lanjutnya, setelah pengumuman ini, untuk memantapkan peminatan, para siswa  diberi waktu konsultasi selama seminggu(15-29 Juli 2019). Ia berharap setiap siswa mendapatkan jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan potensi belajar mereka masing-masing. “Anak-anak bisa sukses, dengan bakat dan minatnya,”pintanya, saat ditemui kantor BK, Sabtu(13/7) siang.

Hasil tes peminatan menunjukkan; kelompok peminatan MIPA sebanyak 133 siswa(4 kelas), kelompok peminatan IPS sebanyak 70 orang(2 kelas), dan kelompok peminatan Bahasa dan budaya sebanyak 36 siswa(1 kelas). (dzl)


tags
MAN   1   Yogya   Umumkan   Hasil   Tes   Peminatan      Kelas   X  

Berita
Semakin Diminati, MAN 1 Yogya Terapkan Outdoor Study
14-September-2019

Semakin Diminati, MAN 1 Yogya Terapkan Outdoor Study

Kuatkan Semangat Berprestasi, Pramuka MAN 1 Yogya Beberkan Capaian Prestasi
14-September-2019

Kuatkan Semangat Berprestasi, Pramuka MAN 1 Yogya Beberkan Capaian Prestasi

Siswa MAN 1 Yogya Wakili Kota Yogyakarta dalam Seleksi Duta Remaja Sehat DIY
14-September-2019

Siswa MAN 1 Yogya Wakili Kota Yogyakarta dalam Seleksi Duta Remaja Sehat DIY

Berani Tampil Beda, Roadshow DBL 2019 di MAN 1 Yogya Berlangsung Meriah
13-September-2019

Berani Tampil Beda, Roadshow DBL 2019 di MAN 1 Yogya Berlangsung Meriah

Dikemas Menarik, English Conversation Jadikan  Belajar Bahasa Inggris di MAN 1 Yogya Lebih Mudah
13-September-2019

Dikemas Menarik, English Conversation Jadikan Belajar Bahasa Inggris di MAN 1 Yogya Lebih Mudah