19-March-2019

Ratusan Siswa SMP/MTs DIY JATENG Berkompetisi Dalam ‘Mosaic’ Dan ‘Mango’ MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta(MAN 1 YK)—Sedikitnya 586 siswa jenjang MTs/SMP lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah berkompetisi dalam Mosaic (Mansa Youth Sport and Art-Islamic Competition) dan mango (Mansa get try out)) yang digelar MAN 1 Yogyakarta, Sabtu-Ahad(16-17/3), yang merupakan puncak peringatan Milad ke-69 MAN 1 Yogyakarta.  

Dua acara tersebut, yaitu Mosaic (Mansa Youth Sport and Art-Islamic Competition) terdiri dari lomba bulu tangkis, lomba tenis meja, Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ), Musabaqah Hifdzul Qur’an(MHQ), Lomba Pidato Bahasa Arab, Lomba Pidato Bahasa Inggris, Lomba Pidato Bahasa Jawa, Singing Contest, Lomba Hadroh, dan Lomba Seni Kaligrafi. Madrasah peraih juara umum mendapatkan Trophy Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Dan Mango (Mansa get try out) dengan materi ujian nasional jejang MTs/SMP:Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Peraih rangking 1, 2, dan 3 dapat diterima langsung menjadi siswa MAN 1 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2019/2020.

Pada acara pembukaan Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan,  kegiatan ini sebagai ajang untuk menggali bibit-bibit unggul siswa siswi madrasah berprestasi di bidang seni dan olah raga. Untuk itu ia  berharap semua peserta dan semua pihak untuk  menjaga sportifitas dalam meraih prestasi demi mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat.

Sementara itu Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag DIY Muntholib, S.Ag, M.S.I.  menegaskan, di era revolusi industry 4.0 ini,  madrasah harus hadir  dan mampu menjawab tantangan global.  Bahkan, sudah dibuktikan para alumnus madrasah saat ini mempunyai peran penting. Baik di bidang pendidikan, social, budaya, dan politik.

Disamping itu lanjutnya, sarana dan prasarana, serta program-program yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat telah diupayakan. “Siapa yang kreatif dan inovatif, dialah yang mampu mejawab tantangan zaman,”tandasnya, dihadapan para peserta lomba siswa madrasah yang memadati lapangan upacara MAN 1 Yogyakarta itu.

Hujan yang menguyur kota Yogyakarta dan sekitarnya, tidak menjadi penghalang dalam penyelenggaraan acara ini.  bahkan Grup Hadroh siswa MAN 1 Yogyakarta sejak pukul 07.00 telah menyambut kedatang para tamu. Kemudian usai  acara pembukaan, Grup musik mansakustik, mansa voice, dan tari saman tampil menghibur para peserta.  

Setelah melalui persaingan ketat. Akhirnya, MTs Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta tampil sebagai juara umum mosaic dan mendapatkan piala utama Trophy Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. Kemudian di  Mango atau try out mata pelajaran ujian nasional, 6 siswa SMP/MTs berhasil meraih rangking tertinggi.  Asal Madrasah Tsanawiyah(MTs): ranking 1 Tito Fauzan Pura (MTsN 1 Yogyakarta), ranking 2 Rayhan Haldi H (MTsN 6 Yogyakarta), dan rangking 3 Nafisa Ariqoh (MTsN 4 Bantul).

Kemudian asal Sekolah Menengah Pertama(SMP): rangking 1 Aliefa Sekar Nir Raya (SMP IT LHI), rangking 2 Nadila Amelia Purnama (SMP N 2 Mlati), dan rangking 3 Erlangga Aknaya (SMP N 4 Pakem).(dzl)


tags
Ratusan   Siswa   SMP/MTs   DIY   JATENG   Berkompetisi   dalam   ‘Mosaic’   dan   ‘Mango’   MAN   1   Yogyakarta  

Berita
INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU  MAN 1 YOGYAKARTA  TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
28-November-2019

INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Guru MAN 1 Yogya Sambut Hangat Kunjungan Menag Fachrul Razi
16-December-2019

Guru MAN 1 Yogya Sambut Hangat Kunjungan Menag Fachrul Razi

Tingkatkan Kesadaran Hukum,  Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung ke Lapas Wirogunan
16-December-2019

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung ke Lapas Wirogunan

Menteri Agama Fachrul Razi Ajak Kuatkan Moderasi Beragama, Keislaman dan Identitas Kebangsaan
13-December-2019

Menteri Agama Fachrul Razi Ajak Kuatkan Moderasi Beragama, Keislaman dan Identitas Kebangsaan

Menag  Resmikan Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta
13-December-2019

Menag Resmikan Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta