16-March-2019

MAN 1 Yogyakarta Gandeng UGM Pelajari Kecerdasan Buatan

Yogyakarta(MAN 1 YK)- Teknologi telah menjadi bagian kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan. Terutama di bidang robotik mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perannya pun telah mendominasi kehidupan manusia.

Seperti yang diungkapkan dalam Talk Show dengan topik “Belajar Bersama Kecerdasan Buatan” yang diselenggarakan Laboratorum Sistem Cerdas, Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada(UGM), di MAN 1 Yogyakarta, Kamis(14/3)pagi.

Sejumlah narasumber dari dosen dan civitas akademika Fakultas MIPA UGM hadir dalam kegiatan yang dihelat di Aula MAN 1 Yogyakarta. Antara lain, Anif Azis, Prof Sri Hartati, Ph.D, Dr.IllonaUsuman, Afiahayati, Ph.D., Wahyono, Ph.D, Retantyo Wardoyo, Ph.D., Drs.Sri Mulyana, Dr.Azhari, dan Yunita Sari, Ph.D.

Di awal presentasi, Dr.Illona Usuman mengajak para siswa untuk mempunyai cita-cita yang tinggi, dan tidak perlu ragu apalagi takut untuk mempunyai cita-cita. Menurutnya, hal itu akan menjadi motivasi untuk belajar dan beraktifitas, serta menyerap banyak pengalaman.

Ungkapnya, saat ini teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang pesat.  Antara lain, dikenal dengan Kecerdasan Buatan  atau Artificial Intelligence(AI). Lanjutnya, Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi.

Terangnya, dalam kehidupan sehari-hari sudah banyak peralatan elektronika yang memanfaatkan teknologi tersebut, seperti peralatan rumah tangga; kulkas, mesin cuci, mesin pembersih lantai, dan komputer pendeteksi penyakit. “Mesin Cuci sudah diprogram, yang dapat membedakan tingkat ketebalan kain,”ujarnya.

Sementara itu Dr.Azhari, menambahkan, Artificial Intelligence biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua  bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan. 

Salah satu langkah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan ini adalah dengan mempelajari sistem syaraf pada manusia, yang kemudian ditiru dan diadaptasi dalam pembuatan mesin.

Kehadiran forum ini disambut para siswa dengan penuh antusias. Rasa penasaran dan keingintahuan para siswa tergambar dalam banyaknya pertanyaan yang diajukan, hingga acara berakhir pukul 12.00 WIB.(dzl)


tags
MAN   1   Yogyakarta   Gandeng   UGM   Pelajari   Kecerdasan   Buatan  

Berita
Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB
14-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019
14-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng
14-November-2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng

Asyik dan Menyenangkan, MAN 1 Yogya Helat PLK di Museum Sangiran dan De Tjolomadoe
14-November-2019

Asyik dan Menyenangkan, MAN 1 Yogya Helat PLK di Museum Sangiran dan De Tjolomadoe

Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia
11-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia