08-November-2018

Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional 2018

Yogyakarta (MAN 1YK)—Sangat menggembirakan. Tim Siswa Kreatif MAN 1 Yogyakarta meraih juara 1 dalam Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional, yang berlangsung, Sabtu-Ahad, (3-4 November 2018) kemarin, di Depok Town Square Jawa Barat.

Setelah bersaing ketat, Tim Siswa Kreatif MAN 1 Yogyakarta yaitu Satria Octario Wibowo(kelas XI IPS 1) dan Abizard Rahardian Wahyudi(Kelas X IPA 4) sukses meraih medali emas dalam kategori ‘The Best Logaritma’. Sedang medali perak diraih oleh Tim MAN Insan Cendikia Bangka Tengah, dan medali perunggu diraih MAN 2 Gresik.

“Ini prestasi gemilang yang sekian kalinya yang selalu diraih siswa MAN 1 Yogyakarta. Alhamdulillah semangat Prestasi Tiada Henti terus melekat dan memantapkan kami sebagai madrasah riset yang penuh inovasi dan kreativitas,”ujar Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengomentari prestasi siswanya dalam Kompetensi Robotik Madrasah 2018, Senin(6/11)kemarin.

Dalam kompetisi tersebut, kata Wiranto, ada sejumlah kategori lainnya yaitu The Best Point, The Best Construction and Maximal Robot, The Passing Challenge, dan The Best Design. Untuk kategori The Best Point MAN 2 Wates Kulonprogo meraih medali perak.

Dijelaskan, tujuan diadakan kompetisi untuk melatih motorik siswa dengan pembelajaran robotik mereka belajar untuk merangkai dan menyusun balok menjadi berbagai macam  bentuk. Selain itu, melatih kreativitas dengan belajar menyusun dan merangkai maka kreativitas anak akan berkembang.

“Ana-anak akan belajar bagaimana bentuk robot yang mereka inginkan dan belajar untuk mewujudkannya,”ungkap Wiranto.  

Tujuan lain, kata Wiranto, adalah merangsang logika belajar, meningkatkan kemampuan anak dalam penguasaan teknologi, melatih akan berkompetisi dan bekerja sama, serta melatih anak untuk mendedikasikan kreativitas bagi kebermanfaatan manusia.

Wakamad Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. mengatakan, enam tim terbaik siswa Madrasah Aliah tersebut akan diuji kembali di Studio Metro TV pada 18 November 2018 mendatang.(dzl)


tags
Siswa   MAN   1   Yogyakarta   Juara   1   Kompetisi   Robotik   Madrasah   Tingkat   Nasional   2018  

Berita
Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia
11-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia

Siswa MAN 1 Yogya Lakukan Kunjungan di Komando Armada II Surabaya
11-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Lakukan Kunjungan di Komando Armada II Surabaya

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Jamaah Sholat Subuh di Masjid Namira
11-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Jamaah Sholat Subuh di Masjid Namira

 Film Dokumenter Siswa MAN 1 Yogya Raih Nominasi Terbaik Youth Sineas Award
11-November-2019

Film Dokumenter Siswa MAN 1 Yogya Raih Nominasi Terbaik Youth Sineas Award

Siswa MAPK MAN 1 Yogya Ikuti Kuliah Umum Dr. Umar Kalash  asal Lebanon
04-November-2019

Siswa MAPK MAN 1 Yogya Ikuti Kuliah Umum Dr. Umar Kalash asal Lebanon