08-August-2017

Beradaptasi Dengan Regulasi Baru, MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan Workshop Administrasi Pembelajaran

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Kurikulum yang menjadi pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran menempati peran penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Sementara itu dengan dinamikanya, kurikulum sekolah atau madrasah tersebut terus mengalami perubahan dan penyempurnaan, demi mendapatkan sistem yang tepat, serta beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Mengingat akan pentingnya hal tersebut, MAN 1 Yogyakarta selenggarakan Workshop Administrasi Pembelajaran, Sabtu(5/8), di Aula lantai 2.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, dengan menghadirkan narasumber Widyaiswara Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) D.I. Yogyakarta Dr.Agus Wasisto Doso Warso, M.Pd.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengatakan, regulasi baru terkait perubahan atau revisi kurikulum harus senantiasa diikuti dan diadaptasi agar tujuan pendidikan bisa dicapai dengan maksimal. “Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bapak ibu guru,”harapnya saat membuka kegiatan ini.

Sementara itu Agus Wasisto Doso Warso mengungkapkan, selama ini pembelajaran masih konvensional dan berbasis konten, serta belum melibatkan keterlibatan peserta didik dan belum banyak memberikan ruang kreatifitas kepada mereka.

Padahal kata Agus, tidak semua siswa dapat maksimal dengan model ceramah, sehingga para peserta didik menjadi pasif, serta cara tersebut cenderung mengkotak-kotakan siswa dan lebih menekankan pada hasil dibandingkan proses. Kemudian hasil belajar lanjutnya, adalah berupa pengetahuan, sementara yang diperoleh mudah dilupakan.    

Untuk itu ia mendorong, agar pembelajaran mengaju pada peraturan pemerintah nomor 22 tahun 2016, yakni proses pembelajaran  dilakukan pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, membuat anak senang, menantang, dan memotivasi.

Workshop yang digelar siang itu berlangsung dengan lancar. Usai penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para guru madrasah tersebut. (dzl)


tags
Beradaptasi   dengan   Regulasi   Baru,   MAN   1   Yogyakarta   Selenggarakan   Workshop   Administrasi   Pembelajaran   

Berita
Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK
16-November-2019

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2  Vlog Jelajah Museum
16-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2 Vlog Jelajah Museum

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB
14-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019
14-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng
14-November-2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng