12-June-2017

Kegiatan Edukatif Dan Religi Semarakan Pesantren Ramadhan Di MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Momentum Ramadhan 1438 H menjadi lebih bermakna bagi siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Sabtu(10/6) kemarin, seharian penuh mereka mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan, berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB di Kampus MAN 1 Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan sholat dhuha dan khataman Al-Quran ‘muqaddman’ di masjid Al-Hakim, kemudian dilanjutkan dengan kajian Islam, pelatihan khutbah Jumat(putra), Fiqhun nisa(putri), dan kisah inspiratif dari difabel serta ditutup dengan acara buka bersama.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan yang bertemakan “Penguatan karakter siswa dalam menghadapi kemajuan zaman” itu, Muhsin Anwar Praktsi SPA, Abdul Karim Amrullah, S.H. dan segenap guru program studi agama MAN 1 Yogyakarta.  

Dalam membuka acara Pesantren Ramadhan tersebut, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengajak para peserta untuk benar-benar menggunakan masa muda dengan kegiatan yang baik dan positif. Madrasah ini kata Wiranto, tidak hanya mengutamakan nilai akademik saja, akan tetapi juga sikap dan prilaku  atau karakter, yang keduanya sejalan dengan motto madrasah ini yakni “Prestasi Tiada Henti, Cerdas dan Islami”.

Menanggapi permasalahan media sosial, gadget atau teknologi terkini yang mempunyai pengaruh negatif terhadap perkembangan mental para siswa.  Ia menganjurkan agar  para siswa menggunakannya dengan bijak. “Waktu banyak terbuang habis, dan mengurangi konsentrasi,”ungkapnya.

Wiranto mengatakan, memang terasa berat untuk meninggalkan gadget tersebut karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari.  Namun demikian, menurutnya pengendalian terhadap kebiasaan tersebut lebih besar manfaatnya.

Walaupun dalam kondisi puasa, tampak para siswa tetap mengikuti ragam kegiatan pesantren Ramadhan tersebut dengan penuh semangat.  (dzl)


tags
Kegiatan   Edukatif   dan   Religi   Semarakan   Pesantren   Ramadhan   Di   MAN   1   Yogyakarta  

Berita
Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK
16-November-2019

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2  Vlog Jelajah Museum
16-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2 Vlog Jelajah Museum

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB
14-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019
14-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng
14-November-2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng