30-April-2017

Siap Lebih Dini, MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum

Yogyakarta (MAN 1 YK)- “Raih Kesuksesan dengan Persiapan Matang”, ungkapan ini bak ruh workshop yang diselenggarakan MAN 1 Yogyakarta, Jumat-Ahad(28-30 April 2017). Kegiatan yang digelar di aula lantai 2 dan perpustakaan tersebut diikuti seluruh guru dan pegawai MAN 1 Yogyakarta.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengungkapan, peraturan pemerintah pusat terkait dengan pendidikan nasional  sangatlah dinamis. Untuk itu MAN 1 Yogyakarta berusaha mengikuti perkembangan dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut, salah satunya melalui workshop guru dan pegawai.

“Banyak perubahan regulasi dan hal-hal yang baru, untuk adaptasi sehingga kegiatan ini segara diselenggarakan,”ujarnya saat membuka kegiatan tersebut, Jumat(28/4) siang.  

Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Kurikulum Drs.Giyanto menambahkan, workshop ini bertujuan untuk menyiapkan administrasi pembelajaran tahun 2017/2018. Lebih dari itu terangnya, sebagai penyempurnaan kurikulum jelang akreditasi madrasah pada 2018 mendatang.

Workshop menghadirkan 2 narasumber yaitu Anggota Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Daerah Istimewa Yogyakarta Drs.Sungeng Subagya, M.M., M.Si.  dan Pengawas Pendidikan Agama Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs.H.Paiman, M.Pd.I.

Sedangkan  materi pokok pada kegiatan ini adalah Penyusunan Kriteria Ketuntasan (KKM), Program Tahunan(Prota), Program Semester(Prosem), Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), dan  Analisis Instrumen dalam Standar Tenaga Kependidikan dan Sarana prasarana.

Anggota BAP-S/M DIY Drs.Sugeng Subabya, M.M., M.Si. mengatakan, akreditasi tahun 2018 mendatang, sudah harus mengadaptasi dengan perangkat  akreditasi yang baru. Banyak fungsi akreditasi terhadap  sekolah atau madrasah.

Setidaknya terang Sugeng, ada tiga fungsi dalam akreditasi madrasah. Pertama, dari sisi Pengetahuan: Informasi bagi semua pihak tentang kelayakan madrasah. Kedua,  dari aspek Akuntabilitas: salah satu bentuk pertanggungjawaban madrasah sebagai lembaga pelayanan publik. Dan yang ketiga; sebagai Pembinaan dan Pengembangan: Dasar bagi pemerintah, penyelenggara pendidikan, madrasah, dan masyarakat dalam upaya pembinaan, peningkatan dan pengembangan mutu madrasah.

Di hari kedua workshop ini, wakil masing-masing program studi mempresentasikan hasil penyusunan KKM, Prota, Prosem, Silabus, dan RPP.  LS.Wulan Kurniati, MA Guru Bahasa Indonesia (Prodi Bahasa), Prunomo Basuki, S.Pd Guru Biologi(Prodi IPA), Hastuti Praptiningsih, S.Pd Guru Geografi(Prodi IPS), dan Latifah Rahmawati, M.Pd Guru Bahasa Arab(Prodi Agama). Presentasi dihadapan para peserta workshop, kemudian mendapatkan tanggapan dan saran serta masukan dari Pengawas PAI Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs.H.Paiman,M.Pd.

Di akhir kegiatan, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd.  menjelaskan, kegiatan ini akan berlanjut, bahkan setelah dokumen kurikulum ini selesai, akan diselenggarakan uji publik pada 10 Mei 2017 mendatang. Maksimal lanjutnya, sebelum Ramadhan semua program dan perangkat sudah selesai. (dzl)


tags
Siap   Lebih   Dini,   MAN   1   Yogyakarta   Selenggarakan   Workshop   Penyusunan   Kurikulum  

Berita
INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU  MAN 1 YOGYAKARTA  TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
21-January-2020

INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

MANGO MANSA
18-January-2020

MANGO MANSA

MOSAIC MANSA
18-January-2020

MOSAIC MANSA

Borong Kejuaraan Kota, Pesilat Siswa MAN 1 Yogya Siap Maju di Popda
27-January-2020

Borong Kejuaraan Kota, Pesilat Siswa MAN 1 Yogya Siap Maju di Popda

MAN 1 Yogya Rebut Juara Umum ITC
27-January-2020

MAN 1 Yogya Rebut Juara Umum ITC