01-April-2017

MAN 1 Yogyakarta Sambut Hangat Kunjungan IAIN Pekalongan

Yogyakarta(MAN 1YK)—Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan lakukan kunjungan di MAN 1 Yogyakarta. Rombongan mahasiswa bersama civitas akademika perguruan tinggi tersebut tiba di kampus pukul 08.00 WIB, dan disambut oleh segenap  keluarga besar MAN 1 Yogyakarta di Aula,lantai 2, Kamis(30/1) kemarin.

Ketua rombongan yang juga Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan Dr.M.Sugeng Solehudin, M.Ag menyampaikan, kehadirannya bersama para mahasiswa ini untuk belajar langsung ke lembaga pendidikan Islam, tentang bagaimana tata kelola madrasah, administrasi, dan manajemennya. "Kami sampaikan banyak terimakasih, di tengah-tengah kesibukan madrasah ini, masih mau menerima kami,"ujarnya.

Sugeng menambahkan, para mahasiswa agar melihat secara langsung, bagaimana madrasah yang sebenarnya, agar mereka mampun melihat, mengerti dan mengetahui bagaimana teori dan ilmu pengetahuan yang dipelajari di bangku kuliah itu dipraktikan di madrasah.

Sementara itu Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyambut baik kunjungan ini. Ia menuturkan, sudah selayaknya antara madrasah dan IAIN yang sama-sama di bawah atap kementerian agama untuk saling beragi.

Lanjut Wiranto, MAN 1 Yogyakarta yang baru-baru ini memperingati hari ulang tahun ke-66, semakin berat dan tantangan zaman. Usia yang tidak muda lagi menurutnya, kepercayaan masyarakat  kepada madrasah ini semakin kuat, serta tuntutannya yang cukup kompleks. Selain itu, prestasi yang diharapkan bukan hanya tingkat nasional saja, akan tetapi bisa ke tingkat internasional. "Semoga pertemuan ini menjadi berkah,"ujarnya.

Kepada para mahasiswa IAIN Wiranto berpesan, untuk tetap optimis. Mengingat guru agama Islam, yang banyak dibutuhkan. Sehingga peran dan tenaga mereka sangat dinanti dan dibutuhkan.

Menyinggung soal pendidikan, menurutnya sederhana. Bagaimana lembaga pendidikan itu bisa membentuk karakter para siswa berlaku jujur. "Output anak-anak yang jujur, itu sudah hebat,"ungkapnya.

Sebelum presentasi tentang profile MAN 1 Yogyakarta  yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd., civitas akademika  perguruan tinggi tersebut dihibur oleh Mansakustik Group Musik Siswa MAN 1 Yogyakarta.

Tepuk tangan meriah sambut penampilan group musik tersebut. Vokalis Group Pramudya Arya Wibowo dan Nada Nadhifa Rasyida  membawakan lagu kun anta karya Humood Alkhuder dan lagu Terbaik Bagimu karya Ada Band.  Suara keduanya yang merdu dan iringan musik seakan menghapus rasa lelah dan kaku para peserta studi banding itu.

Tidak mau kalah, dua mahasiswa IAIN Pekalongan pun turut sumbang lagu pada kesempatan itu, bergabung dengan Manskustik menyayikan lagu  berjudul Kita karya Sheila on 7.  Tepuk tangan meriah kembali pecah, dan suasana akrab sambut penampilan keduannya.

Setelah jeda dengan suguhan lagu dan musik dari Mansakustik, Wakil Kepala Bidang Humas Hartiningsih tampil mempresentasikan profile MAN 1 Yogyakarta. Tampak para mahasiswa mengikuti presentasi dengan penuh antusias, hal itu ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang mengemuka pada sesi tanya jawab.

Sebelum para mahasiswa ini meninggalkan kampus MAN 1 Yogyakarta, mereka menyempatkan diri untuk melakukan observasi ke beberapa kantor, dan menemui para guru dan pegawai.(dzl)


tags
MAN   1   Yogyakarta   Sambut   Hangat   Kunjungan   IAIN   Pekalongan  

Berita
Kasubdit KSKK Kemenag RI Visitasi Kesiapan Layanan SKS MAN 1 Yogyakarta
18-September-2020

Kasubdit KSKK Kemenag RI Visitasi Kesiapan Layanan SKS MAN 1 Yogyakarta

Mengalami Peningkatan, 82 Persen Siswa Lulusan Tahun 2020 MAN 1 Yogya diterima di PTN
16-September-2020

Mengalami Peningkatan, 82 Persen Siswa Lulusan Tahun 2020 MAN 1 Yogya diterima di PTN

Siswa MANPK MAN 1 Yogya Ikuti Pelatihan Desain Grafis
13-September-2020

Siswa MANPK MAN 1 Yogya Ikuti Pelatihan Desain Grafis

Dilakukan Secara Online, Partisipasi Pemilihan Ketua OSIS MAN 1 Yogya Tetap Tinggi
13-September-2020

Dilakukan Secara Online, Partisipasi Pemilihan Ketua OSIS MAN 1 Yogya Tetap Tinggi

Tingkatkan Kompetensi di Era Milenial, MAN 1 Yogya Gelar Workshop untuk Guru
13-September-2020

Tingkatkan Kompetensi di Era Milenial, MAN 1 Yogya Gelar Workshop untuk Guru