20-February-2017

Alumni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2016 Gelar Expo 70 Prodi Dan Fakultas

Yogyakarta (MAN 1 YK) --Tidak kurang dari 70 Prodi dan Fakultas dari Perguruan Tinggi se-DIY dan sekitarnya, Jumat (17/3) kemarin mengadakan expo bersama di Man 1 Yoyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh perguruan tinggi  baik swasta maupun negeri dari Jogja, Solo dan Semarang. Kegiatan yang digagas oleh Alif Madani, alumni MAN 1 Jogjakarta tahun 2016 ini diperuntukkan siswa kelas XII dalam rangka pemantapan pemilihan program studi untuk studi lanjut mereka.

Keunikan dari acara Expo Bersama ini adalah, acara digagas, dipersiapkan dan dilaksanakan oleh para alumnus MAN 1 Yogyakarta  tahun 2016. Dihubungi oleh Tim Mansatu News, Garuda Mahendra Putra menerangkan, Expo ini sebagai salah satu persembahan alumni untuk madrasah.

Lebih jauh Garuda menambahkan, selama ini masih banyak alumni MAN yang merasa agak kurang pas antara fakultas ataupun prodi yang dimasuki dengan keinginannya. Setelah diteliti lebih jauh, ternyata hal ini karena siswa belum paham benar mengenai  fakultas atau prodinya.

"Ketika kami di kelas XII memang ada acara Career Day, dimana banyak perguruan tinggi berpameran di ajang itu. Tapi keterangan yang didapatkan kurang mendalam karena yang berpameran kan perguruan tingginya, bukan fakultas atau malah prodinya," Jelas Garuda, sapaan akrab Garuda Mahendra Putra. Oleh karena itu, melalui chatt di group line mansa ’16 tercetuslah gagasan Expo Bersama ini.

Sementara itu, Amiril Mukminin, siswa kelas XII IPS2 yang siang itu ikut sibuk berkeliling arena pameran mengatakan, expo bersama ini memberi banyak manfaat baginya. Keterangan yang didapat lebih jelas. "Tanya jawabnya juga enak karena kita sudah kenal dengan mereka, dan mereka pun tahu betul kebutuhan kami,"ujarnya.

Expo bersama ini juga membantu siswa kelas XII menjadi lebih mantap dengan studi lanjut yang akan mereka pilih. Seperti diutarakan oleh M. Ilham Habibie, siswa kelas XII IPS1,"Saya jadi mantap masuk Pendidikan Sejarah, karena sudah paham betul dengan apa dan bagaimananya Pendidikan Sejarah UNY, pokoknya sejarah..."sambungnya sambil mengepalkan tangan.

Alif Madani berharap Expo Bersama ini bisa menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh setiap alumni angkatan termuda. Hal ini karena angkatan termuda pasti masih banyak kenal dengan adik-adik kelasnya, sehingga komunikasi yang terjalin bisa lebih erat. Di samping itu, pada semester awal, mereka belum terlalu sibuk.

"Semoga langkah kami mengadakan Expo Bersama ini bisa berlangsung secara berkelanjutan, sehingga seluruh alumni MANSA bisa belajar di tempat yang sesuai dengan keinginan, bakat dan cita-cita," tutup Alif dalam perbincangan ringan sore itu.(end/dzl)


tags
Alumni   MAN   1   Yogyakarta   Tahun   2016   Gelar   Expo   70   Prodi   dan   Fakultas  

Berita
Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK
16-November-2019

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2  Vlog Jelajah Museum
16-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2 Vlog Jelajah Museum

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB
14-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019
14-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng
14-November-2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng