24-January-2017

MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan Seminar Sukses Masuk PTN

Yogyakarta (MAN 1 YK) - Demi memberikan informasi yang komperhensif tentang studi lanjut, MAN 1 Yogyakarta  selenggarakan Seminar Strategi Sukses Lolos Masuk PTN dan Kedinasan, Senin(23/1) kemarin, di Aula lantai 2. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas XII, dengan didampingi guru wali kelas dan Ketua program studi tiap rumpun.

Hadir sebagai narasumber, perwakilan dari Universitas Islam Negeri  Sunan Kalijaga, Univeristas Negeri Yogyakarta, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Yogyakarta, dan motivator dari  Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. berharap kegiatan ini bisa memberikan informasi yang lengkap dan bisa menjadi jalan bagi para siswa kelas XII untuk sukses di perguruan tinggi.

Wiranto juga mengungkapkan, terkadang para siswa itu, terlalu idealis, hingga akhirnya ingin masuk perguruan tinggi negeri yang sama, padahal kuotanya terbatas. Sehingga katanya, banyak peluang yang baik dan mempunyai prospek yang bagus, tidak diambil.  Karena itu ia menekankan, agar para siswa mengikuti seminar ini dengan baik agar tidak salah menentukan pilihan.

Apalagi lanjut Wiranto, tahun ini ada regulasi baru pada ujian nasional antara lain, 3 mata pelajaran wajib yaitu matematika, bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, dan 1 mata pelajaran peminatan.  Untuk itu ia menyarankan, agar para siswa benar-benar mempertimbangkan materi peminatan yang telah dipilih pada Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) mendatang.  “UNBK sangat menentukan, maka siswa harus betul-betul mempertimbangkan dalam memilih mata pelajaran peminatan,”pintanya kepada para siswa.

Sementara itu Koordinator Bimbingan Konseling(BK) Drs. R. Khamdan Jauhari  berharap, dengan kegiatan ini, siswa kelas XII mendapatkan informasi lengkap terkait tata cara masuk perguruan tinggi negeri dan sekolah ikatan dinas, serta bisa mengambil langkah-langkah efektif untuk memilih peguruan tinggi dan jurusannya yang tepat.

Tampak para siswa mengikuti dengan penuh antusias. Pada acara yang digelar mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB itu, mereka mendapatkan informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, UM Mandiri, Sekolah Vokasi, serta hal-hal penting lainnya terkait dengan beasiswa dan prospek dunia kerja.

Koordinator Pusat Data Siswa dan Sekolah (PDSS) yang juga Staff BK Nuryohandoko, S.Pd. menambahkah, akhir-akhir ini pihaknya sedang mendampingi para siwa kelas XII untuk pendaftaran SNMPTN.  Kata Handoko, demikian sapaan akrabnya, SNMPTN akan dibuka mulai 18 Februari 2017 sampai 6 Maret mendatang. (dzl)


tags
Seminar   Sukses   Masuk   PTN  

Berita
Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia
11-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Berkunjung di PT. PAL Indonesia

Siswa MAN 1 Yogya Lakukan Kunjungan di Komando Armada II Surabaya
11-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Lakukan Kunjungan di Komando Armada II Surabaya

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Jamaah Sholat Subuh di Masjid Namira
11-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Jamaah Sholat Subuh di Masjid Namira

 Film Dokumenter Siswa MAN 1 Yogya Raih Nominasi Terbaik Youth Sineas Award
11-November-2019

Film Dokumenter Siswa MAN 1 Yogya Raih Nominasi Terbaik Youth Sineas Award

Siswa MAPK MAN 1 Yogya Ikuti Kuliah Umum Dr. Umar Kalash  asal Lebanon
04-November-2019

Siswa MAPK MAN 1 Yogya Ikuti Kuliah Umum Dr. Umar Kalash asal Lebanon