Demi Masa Depan, MAN 1 Yogyakarta Gelar Islamics Career Day

Yogyakarta (MAN 1YK) - - Merencanakan masa depan menjadi hal yang lazim dilakukan semua orang. Sebab perencanaan yang baik, akan menjadikan hidup lebih terarah dan jelas. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat perencanaan itu, bahkan mungkin tidak semua orang mempunyai gambaran sama sekali tentang masa depan. Mengingat akan pentingnya hal ini, MAN 1 Yogyakarta di bawah koordinasi Bimbingan Konseling(BK) menggelar Islamic’s Career Day, Sabtu(10/12)kemarin, di kampus MAN 1 Yogyakarta.

 

Acara yang digelar tiap tahun ini, menghadirkan 27 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, untuk turut memeriahkan dengan membuka stan informasi di ruang-ruang kelas. Ragam acara yang digelar pada perhelatan ini, yaitu Expo Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Presentasi Penguruan Tinggi, Seminar Orang Tua Wali Siswa kelas XII, Arena Entrepreneurship Siswa, Achievement Motivation Training, dan Workshop Guru Bimbingan Konseling. Semua kegiatan ini berlangsung pada waktu yang sama di tempat yang berbeda lingkup kampus MAN 1 Yogyakarta.

 

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. dalam membuka acara ini menjelaskan, terkadang para siswa kelas XII itu terlalu idealis dalam memilih jurusan. Sehingga kata Wiranto, mereka tidak bisa masuk jurusan tersebut karena terlalu banyak peminatnya, dan keterbatasan daya tampung. Untuk itu Wiranto sebelum hal itu terjadi, menurutnya para siswa sangat membutuhkan arahan, wawasan, dan pendampingan orang tua wali siswa secara penuh.

 

“Banyak peluang dan kesempatan seperti beasiswa, ikatan dinas, dan kerja jarang diambil karena terlalu idealis terhadap jurusan yang banyak peminatnya,”ungkapnya.

 

Mengingat regulasi dari pemerintah pusat sangat dinamis, maka ia berharap agar orang tua untuk selalu mengikuti perkembangan informasi yang ada. Terkait dengan moratorium Ujian Nasional yang ditolak, maka sebagai antisipasi, MAN 1 Yogyakarta telah menyiapkan 2 ruang Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) dengan fasilitas computer lengkap, yang perharinya bisa digilir 3 gelombang, yakni pagi, siang, dan sore.

 

Selain itu, dalam menyiapkan mental para siswa dalam menghadapi UNBK, madrasah ini kata Wiranto juga mengadakan mujahadah dan bakti sosial. Ia Menunjukkan tiap tahun, jelang ujian para siswa kelas XII juga menyelenggarakan bakti sosial di panti asuhan anak yatim. “Doa mereka anak yatim itu, sangat luar biasa, dikabulkan Allah SWT,”ujarnya.

 

Sementara itu Koordinator Bimbingan Konseling Drs.R.Khamdan Jauhari menjelaskan, Islamics Career Day ini, agar para siswa khususnya kelas XII memiliki informasi yang cukup dan akurat dalam mengambil keputusan studi lanjut perguruan tinggi, yang sesuai dengan faktor kompleks pada siswa, yakni bakat, minat, kemampuan, dan potensi ekonomi orang tua.

 

Lebih dari itu, kata Khamdan demikian sapaan akrabnya, kegiatan ini juga untuk membangun kerjasama dan silaturrahim antara MAN 1 Yogyakarta dengan sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

 

Career Day yang digelar mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB ini mengundang antusiasme pengunjung. Baik pengunjung dari intern madrasah ini maupun pengunjung dari luar. Mereka memadati ruang-ruang Stan Expo Perguruan Tinggi dan Lembaga Pendidikan untuk berkonsultasi dan mendapatkan layanan informasi. (dzl)


tags
Demi   Masa   Depan,   MAN   1   Yogyakarta   Gelar   Islamics   Career   Day  

Berita
MAN 1 Yogya Berbagi Nasi Bungkus, Jelang Peringatan Hari Santri Nasional
19-October-2019

MAN 1 Yogya Berbagi Nasi Bungkus, Jelang Peringatan Hari Santri Nasional

Sambut Hari Santri Nasional, MAN 1 Yogya Gelar Fescosama
19-October-2019

Sambut Hari Santri Nasional, MAN 1 Yogya Gelar Fescosama

Mengenal Sosok Ketua OSIS MAN 1 Yogya Periode 2019/2020
18-October-2019

Mengenal Sosok Ketua OSIS MAN 1 Yogya Periode 2019/2020

MAN 1 Yogya Borong Piala Lomba  Esai Tingkat SMA se-DIY
18-October-2019

MAN 1 Yogya Borong Piala Lomba Esai Tingkat SMA se-DIY

MAN 1 Yogya Duduki Posisi 4 Besar English Debate Competition
17-October-2019

MAN 1 Yogya Duduki Posisi 4 Besar English Debate Competition