Pembukaan Friendship Organization OSIS MAN Yogyakarta I

Yogyakarta (MAN YK I)-Kesuksesan sebuah organisasi adalah kesuksesan kolektif,  karena itu setiap anggota harus menyamakan persepsi, komunikatif dan mampu bekerjasama. Sadar akan pentingnya hal ini, maka Organisasi Intera Sekolah (OSIS) MAN Yogyakarta I selenggarakan Friendship Organization (FO), Sabtu(19/11) di Aula MAN Yogyakarta I. Kegiatan ini diikuti lebih dari 70 siswa pengurus OSIS dan Organisasi Bidang di bawahnya.

Pihak panitia penyelenggara menyampaikan, kegiatan ini digelar dengan tujuan, agar seluruh anggota mengetahui progam kerja tiap-tiap organisasi bidang dan menjalin komunikasi antara tiap-tiap organisa bidang. Dengan demikian diharapkan kerjasama antar organisasi ini  berjalan dengan baik.

Kepala MAN Yogyakarta I Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. berharap agar program kerja setiap organisasi itu yang disusun betul-betul diperhitungkan kelayakannya. “Program itu mempunyai tantangan atau tidak?,”ujarnya. “lalu apa targetnya?, jangan hanya sekedar mengikuti program yang lama,”imbuhnya.

Program lama yang belum terlaksana kata Wiranto, namun bagus dan mempunyai banyak manfaat, ia menyarankan untuk diteruskan dan dievaluasi. Lantas ia mengungkapkan, ke depan agar pelantikan pengurus organisasi bidang itu secara serempak, dan tidak sendiri-sendiri. Pasalnya, organisasi tidak sebatas seremonial belaka.

Terkait dengan regulasi dan peraturan di kementerian agama yang baru, maka program dan kegiatan serta anggarannya yang bersumber dari komite, akan diajukan dan dimusyawarahkan dengan orang tua.

Menyinggung masalah kompetisi yang sering diadakan oleh perguruan tinggi, MAN Yogyakarta I mempuyai target. “Kita harus juara 1,”pinta Wiranto. “Madrasah ini sudah menjadi madrasah terbaik se-DIY,”katanya. Untuk itu menurutnya, saingannya bukanlah madrasah-madrasah lingkup DIY, tetapi sekolah-sekolah yang dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaanlah. “Bagaimana kita mampu bersaing dengan sekolah-sekolah umum itu,”ungkapnya.

Dikatakan sesama madrasah harus bersatu. Hal itu ia sampaikan agar madrasah menjadi lebih baik, seperti jargon yang sering didengar ‘madrasah lebih baik, lebih baik madrasah’. “Walaupun kita sudah unggul, namun kita harus tetap rendah hati, tidak boleh takabbur,”pesannya.

Untuk itu Wiranto nasehatkan, agar madrasah ini tidak merasa puas pada zona aman ini. “Kita  harus mampu bersaing dengan sekolah umum, itu baru madrasah lebih baik,”pungkasnya.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan presentasi tiap-tiap organisasi bidang. Organisasi Bidang Satgas Anti Narkoba sebuah organisasi bidang yang baru, tampil pertama dalam  kegiatan ini.  Sebanyak 11 organisasi bidang tampil dalam  mempresentasikan program kerja, yaitu Organisasi Intera Sekolah(OSIS), Majelis Permusyawaratan Siswa(MPS), Pramuka, Palang Merah Remaja(PMR), Rohani Islam(ROHIS), Peleton Inti(TONTI), Kelompok Ilmiah Remaja(KIR), Pecinta Alam(PA), Pusat Informasi dan Konseling Remaja(PIKR), Jurnalistik, dan Satuan Tugas Anti Narkoba. Acara berlangsung khidmat, hingga berita ini diturunkan, acara ini masih berlangsung.(dzl) 


tags
  

Berita
Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK
16-November-2019

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2  Vlog Jelajah Museum
16-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2 Vlog Jelajah Museum

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB
14-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019
14-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng
14-November-2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng