19-April-2016

Karena Penasaran, IAIN Syeikh Nurjati Cirebon Lakukan Di MAN Yogyakarta I

Yogyakarta (MAN YK I)- Sebanyak 148 Mahasiswa  IAIN Seikh Nurjati Cirebon Jawa Barat lakukan kunjungan Studi Banding di MAN Yogyakarta I,  Sabtu (16/4). Rombongan mahasiswa yang didampingi oleh 6 dosen pembimbing ini,  tiba pukul 08.00 WIB. mereka disambut oleh segenap civitas akademik MAN Yogyakarta I di Aula lantai 2.  Acara diawali dengan pembacaan Al-Quran Surat Al-anfaal ayat 1 sampai 2, oleh Mutammimah siswi MAN Yogyakarta I kelas X MIA 3.

Dosen Pembimbing Kunjungan Studi Banding IAIN Syeikh Nurjati Cirebon Dr. H.E.Suklani, M.Pd. menuturkan, mahasiswa yang ia bimbing saat ini adalah mahasiswa semester 4, fakultas tarbiyah, Jurusan Ilmu Tarbiyah dan Keagamaan. "mereka ini sebentar lagi,  setelah 2 semester akan jalani Praktik Pengalaman Lapangan(PPL)," kata Suklani,  yang juga Wakil Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keagamaan (FITK) Bidang Perencanaan Keuangan Dan Administrasi itu.

lanjut Suklani,  mahasiswa ini  kebanyakan berasal dari wilayah cirebon, datang ke sini untuk observasi langsung. "saya melihat tayangan profile MAN Yoyakarta I, membuat saya teringat masa PHIN(Pendidikan Hakim Islam Negeri-red) dulu, kini, alumninya telah banyak berkiprah dan jadi tokoh di masyarakat,"ungkapnya sembari berharap,  agar para mahasiswa bisa mengambil pelajaran dalam kegiatan ini.

Sementara itu,  Kepala MAN Yogyakata I Drs.H.Suharto menyambut baik atas kunjungan ini,  "apakah hari ini adik-adik mahasiswa senang?,"sapa Suharto mengawali sambutannya. "senaaang!,"jawab para mahasiswa.

Suharto mengenalkan segenap wakil kepala madrasah dan segenap civitas akademika yang turut hadir sambut kedatangan para mahasiswa ini. lantas menyampaikan berbagai cara untuk meningkatkan keberhasilan proses pendidikan secara umum.

"kunci keberhasilan belajar itu,  bagaimana kita menekankan kejujuran pada anak didik."ungkapnya.  "semoga,  kerjasama ini bermanfaat dalam jangka yang panjang,  ada nilai yang bisa dikembangkan di lembaga kita,  dan menjadi amal sholeh.,"harapnya.

Turut menyambut dan menghibur kunjungan tamu ini,  group musik Ekskul  Mansakutik. Group musik besutan Guru Musik Tartusi BA ini, menampilkan dua tembang lagu yakni "assalamu 'alaikum"  karya J.aries,  dan "kun anta" karya Hamood Hadhir dibawakan oleh qonita dan rahmanisa. perfomance keduanya memukau para tamu. Bahkan group musik ini berkolaborasi dengan Widia Yulianingsih Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Isalam dalam menyayikan lagu "perahu kertas" karya Maudy Ayunda. Tepuk tangan meriah sambut penampilan mereka.

Setelah penampilan group musik ini,  kemudian dilanjutkan acara presentasi tentang profile MAN Yogyakarta I oleh Wakil Kepala MAN Yogyakarta I Hartingsih,  M.Pd. dan dialog. Tampak para mahasiswa asal Cirebon ini sangat berantusias untuk bertanya,  begitu dibuka sesi pertanyaan,  mereka banyak mengangkat tangan.

"belajar itu harus diciptakan suasana yang menyenangkan,  bimbingan kepada anak didik sampai betul-betul paham,"jawaban Suharto, saat ditanya bagaimana cara mendidik peserta didik agar mampu berprestasi.

"mengajar  itu harus mampu mencerdaskan dan mencerahkan, guru itu menjadi uswah hasanah, maka ia harus berperilaku yang baik. nasehat,  pembiasaan nilai positif: jujur,  mandiri, dan budaya kompetitif, itulah yang melejitkan prestasi, "imbuh Suharto.

Menurut Suharto, semua itu diawali dengan kejujuran dan kemandirian. Terkait,  dengan metode dan model pembelajaran haris sesuai dengan materi. "masuklah kedunia mereka, kemudian ajaklah mereka kedunia kita, "ujarnya.

usai dialog,  para mahasiswa ini kemudian lakukan observasi lansung di kelas, kantor guru, dan perpustakaan untuk dapatkan ragam informasi, hingga pukul 11.45 WIB.(dzl)


tags
  

Berita
Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK
16-November-2019

Hadapi Tantangan Zaman, MAN 1 Yogya Selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu PTK

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2  Vlog Jelajah Museum
16-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 2 Vlog Jelajah Museum

Rombongan Studi Riset  Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB
14-November-2019

Rombongan Studi Riset Siswa MAN 1 Yogya Kunjungi WESB

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019
14-November-2019

Siswa MAN 1 Yogya Juara 3 LCC MIPA EXPO UGM 2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng
14-November-2019

Latitia, Siswa MAN 1 Yogya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Pencak Silat DIY dan  Jateng