27-July-2019

Stadium General PP.Alhakim MAN 1 Yogya: Ikhlas Kunci Sukses

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Mengawali kegiatan pondok pesantren, Pondok Pesantren(PP) Al-Hakim MAN 1 Yogyakarta menggelar Stadium General, di Aula lantai 2, Senin(22/7) malam. Kegiatan ini diikuti semua santri, baik di yang tinggal di asrama 1(siswa MANPK), asrama 2 (putri), maupun asrama 3(putra untuk prodi umum), berlangsung mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Sebelum kegiatan stadium general, para santri melaksanakan sholat Maghrib berjama’ah kemudian dilanjutkan dengan mujahadah(doa dan dzikir bersama) yang dipandu oleh Drs.KH.Muhammad Nawawi, M.S.I. dan dilanjutkan dengan sholat Isya’.

Alunan nasyid dan musik hadroh menggema dan meriah, sambut kehadiran para santri di aula lantai 2 itu. Acara malam itu tetap berlangsung meriah, walaupun narasumber utama  Prof. Dr. H. Mudhofir, S.Ag., M.Pd. berhalangan hadir.

Wakamad Bidang Keagamaan, sekaligus pengasuh PP.Alhakim Suyanto, M.Pd menjelaskan, sebenarnya Prof. Dr. H. Mudhofir, S.Ag., M.Pd. sudah bersiap dari Kota Solo untuk berangkat ke Yogyakarta. akan tetapi, mendadak selepas maghrib ia kedatangan tamu dari Jakarta.

“Beliau memohon maaf, tidak bisa hadir.  Sebagai gantinya, beliau siap hadir pada waktu dan acara lainnya,”ujar Kandidat Doktor program Studi Islam di Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga itu.

Lanjutnya, terinspirasi  salah satu doa Nabi Ibrahim as  yang berbunyi, ‘waj ‘al lii lisaana shidqin fil aakhirin(dan Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) Kemudian(‘, Suyanto mengungkapkan di antara alumni MANPK MAN 1 Yogyakarta angkatan pertama yang telah sukses dan  bisa menjadi contoh, serta menjadi buah tutur yang baik, khususnya dalam bidang akademik adalah Prof. Noorhaidi Hasan S.Ag, MA, M Phil, PhD dan Prof.Dr.H. Mudhofir, S.Ag., M.Pd. keduanya mempunyai peran penting di masyarakat luas.

“Bukan keberhasilan keduanya yang akan kita lihat, tetapi kita ingin melihat dan belajar, bagaimana langkah-langkah keduanya dalam meraih kesuksesan. Jangan melihat mereka yang sekarang,”pintanya.

Drs.KH.Muhammad Nawawi, M.S.I. yang dulu pernah membina keduanya menceritakan, bahwa kunci sukses keduanya adalah ikhlas. “Keikhlasan menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan,”ujarnya. “Murid-murid ikhlas mengikuti semua program pendidikan, para guru juga ikhlas,”ungkapnya.  “Kalau kalian ikhlas, doa-doa para guru akan selalu menyertai kalian,”tandasnya.

Sementara itu Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd berharap, para siswa yang  tinggal di asrama pondok pesantren, hendaknya menjadi suri tauladan bagi siswa lainnya, baik dalam keaktifan dalam kegiatan madrasah, akhlak, maupun kedisiplinan. “Untuk tahun ini, hasil revitalisasi MANPK akan tampak. “Output-nya, baru kelihatan. Ilmunya berkembang atau tidak,”ujarnya.   

Karena itu Wiranto mengajak semua santri untuk tekun dalam belajar. “Semoga tahun ini, hasil ujian nasional untuk prodi agama meraih rangking satu,”harapnya. (dzl)


tags
Stadium   General   PP.Alhakim   MAN   1   Yogya:   Ikhlas   Kunci   Sukses  

Berita
Tampil Memukau, MAN 1 Yogya Mainkan Teatrikal Serangan Umum 1 Maret
16-August-2019

Tampil Memukau, MAN 1 Yogya Mainkan Teatrikal Serangan Umum 1 Maret

Antusiasme Civitas Akademika MAN 1 Yogya Sambut Road Show Sejarah ‘Jogja 45’
15-August-2019

Antusiasme Civitas Akademika MAN 1 Yogya Sambut Road Show Sejarah ‘Jogja 45’

Bazar Serbu Romansa El-Hakim MAN 1 Yogya Diserbu Warga
15-August-2019

Bazar Serbu Romansa El-Hakim MAN 1 Yogya Diserbu Warga

Tabligh Akbar Baksos MAN 1 Yogya: Menggapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat
15-August-2019

Tabligh Akbar Baksos MAN 1 Yogya: Menggapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

MAN 1 Yogya Gelar Baksos di Patuk Gunung Kidul
13-August-2019

MAN 1 Yogya Gelar Baksos di Patuk Gunung Kidul