07-July-2019

Rapat Kerja, Evaluasi, Dan Perencanaan Kerja MAN 1 Yogyakarta

Purwokerto(MAN 1YK)—Demi menuju ‘Madrasah Hebat Bermartabat’, serta menghadapi tantangan global, MAN 1 Yogyakarta menggelar Rapat Kerja, Evaluasi dan Perencanaan Program Kerja Madrasah, Ahad(30/6) malam, di Hotel Moro Seneng jalan Raya Batur Aden KM 13, Purwokerto. Kegiatan diikuti seluruh pegawai dan guru.

Rapat berlangsung pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia dan lagu Mars Madrasah, pembukaan rapat, pelantunan secara bersama-sama 5 Nilai Budaya Kerja Kemenag(Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan).

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd dalam membuka rapat menyampaikan, perencanaan yang matang sangat diperlukan, apalagi era saat ini, harus bisa mengikuti dan memanfaatkan teknologi, agar tidak ketinggalan. 

Selain itu, ia juga mengajak agar ada evaluasi, peningkatan mutu dan pembenahan tata kelola dan sistemnya.  Ungkapnya, anak-anak sekarang ini sangat kritis. Maka ia berharap untuk mencapai ‘Madrasah Hebat Bermartabat’ dalam pembentukan karakter anak, diperlukan keteladanan.  Misalnya, dalam membiasakan sholat berjama’ah. “Pada Jama’ah Sholat Dzuhur, semua harus off(semuanya pelayanan harus dihentikan untuk jama’ah sholat-red),”ujarnya.

Setelah pembukaan kemudian dilanjutkan dengan presentasi evaluasi program dan perencanaan masing-masing wakil kepala madrasah(wakamad). Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc. menyebutkan, target bidang kurikulum pada tahun pelajaran 2019/2020; Prodi Bahasa tetap mempertahankan rangking 1, Prodi Agama dari rangking 2 menjadi rangking 1, Prodi IPS dan Prodi IPA meraih rangking 15 tingkat SMA/MA se-DIY. 

Target tersebut sangat mungkin dicapai, karena kualitas input peserta didik yang meningkat. Tahun pelajaran 2019/2020 dengan Nilai Ujian Nasional Peserta Didik Baru yang masuk di madrasah cukup tinggi, yaitu tertinggi 39,55, terendah 35,50, dan nilai rata-rata 34,00.

Terang Taufik, beberapa program telah disiapkan, antara lain home visit siswa dan pendalaman materi akan dimulai sejak kelas X dan XI,  inovasi kurikulum, dan penguatan Bahasa Inggris kelas X, serta penguatan kesiapan siswa kelas XII menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Tulis Berbasis Komputer(UTBK) seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Wakamad Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA. menyampaikan, untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan para siswa, madrasah akan menerapkan daftar hadir online sehingga orang tua dapat memantau kehadiran putranya di madrasah.  Kemudian dalam pembentukan karakter melalui ekstrakurer dan keorganisian.  Untuk ia mengajak seluruh civitas akademika khususnya wali kelas untuk membangun kesadaran dalam tata tertib. “Payung hukum kita(pedoman-red) adalah tata tertib,”ujarnya.

Sedangkan Wakamad Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. menjelaskan, di antara program bidangnya saat ini adalah rencana studi banding kelas XI ke luar negeri(Singapura dan Malaysia), yang saat ini dalam tahap pembuatan passport.  Kemudian pembuatan studio radio untuk syiar pada laboratorium terpadu, serta lustrum milad madrasah.

Wakamad Bidang Keagamaan Suyanto, M.Pd  menjelaskan, penguatan kultur dan akademik keagamaan di madrasah terus dikuatkan. Antara lain, melalui kegiatan harian; doa dan dzikir pagi, sholat Dhuha, sholat Dzuhur berjama’ah, serta PP.Alhakim asrama 1 untuk siswa MAPK, asrama 2 dan 3 yang bekerjasama dengan masyarakat.  Kemudian Wakamad  Bidang Sarpras Moh.Amin, MA. menyampaikan, saat ini madrasah sedang membangun laboratorium terpadu dan pagar madrasah, serta penghijauan lingkungan madrasah. (dzl)


tags
Rapat   Kerja,   Evaluasi,   dan   Perencanaan   Kerja   MAN   1   Yogyakarta  

Berita
Tumbuhkan Kesadaran Hukum, MAN 1 Yogya Hadirkan Kanwil Kemenkumham DIY
18-July-2019

Tumbuhkan Kesadaran Hukum, MAN 1 Yogya Hadirkan Kanwil Kemenkumham DIY

MAN 1 Yogya Gandeng Kemkominfo Antisipasi Dampak MEDSOS
18-July-2019

MAN 1 Yogya Gandeng Kemkominfo Antisipasi Dampak MEDSOS

Pembukaan Matsama MAN 1 Yogyakarta:”Jangan ada Perpeloncoan!”
16-July-2019

Pembukaan Matsama MAN 1 Yogyakarta:”Jangan ada Perpeloncoan!”

MAN 1 Yogya Umumkan Hasil Tes Peminatan  Kelas X
16-July-2019

MAN 1 Yogya Umumkan Hasil Tes Peminatan Kelas X

Pisah Sambut Guru MAN 1 Yogyakarta:Silaturrahim Sambung Terus
16-July-2019

Pisah Sambut Guru MAN 1 Yogyakarta:Silaturrahim Sambung Terus