28-June-2019

Jelang Tahun Pelajaran Baru, MAN 1 Yogyakarta Gelar Uji Publik Kurikulum

Yogyakarta (MAN 1YK)—Kurikulum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu lembaga pendidikan. Agar sesuai dengan kebutuhan dan dapat menghadapi tantangan zaman yang dinamis, maka kurikulum harus inovatif dan kreatif, serta terus dikembangkan.

Karena itulah, MAN 1 Yogyakarta jelang tahun pelajaran baru(2019/2020) selenggarakan Uji Publik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) MAN 1 Yogyakarta, Sabtu(22/6) pagi, di Aula lantai 2, yang diikuti seluruh guru dan pegawai, serta perwakilan siswa. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kasi Evaluasi dan Kurikulum Kanwil Kemenag DIY Dra.Hj.Noor Imanah, M.Pd.,    dengan mengahdirkan penelaah dan peninjau KTSP yaitu Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Seamarang Nurul Kamilati, M.Pd. M.Ed, Pengawas MA Kemenag Kota Yogyakarta Drs.H.Paiman, MA, dan Ketua Komite MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Suyuti, MA.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menuturkan, kurikulum itu sangatlah dinamis, harus inovatif dan kreatif, serta harus dikembangkan. “Bahkan di era revolusi industri 4.0,  kita harus bisa memanfaatkan dan mengikuti perkembangan informasi teknologi(IT) saat ini,”uangkapnya.

Lanjut Wiranto, setelah Uji Publik Kurikulum ini, akan dilanjutkan dengan Evaluasi Diri Madrasah dan Rapat Kerja pada Ahad-Senin(30 Juni hingga 1 Juli 2019) mendatang.  

Noor Imanah menyampaikan, kegiatan ini sangatlah penting untuk suatu lembaga pendidikan. Ia mengapresiasi madrasah ini yang menyelenggarakan uji publik kurikulum.  Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan dan menjamin mutu, yang harus dilakukan, baik internal maupun eksternal.

“Teruslah berjuang, jangan pernah bosan, demi masa depan anak-anak kita,”pungkasnya.

Sementara itu Nurul Kamilati menjelaskan, setiap sekolah/madrasah waji mengembangkan KTSP, hal itu didasarkan pada kebutuhan khas satuan pendidikan dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.  Setidaknya ada tiga tahapan, yaitu mulai dari penyusunan kurikulum, uji publik, kemudian diimplementasikan.  

Fokus pengembangan itu,  pada kebutuhan peserta didik pencapaian Standar Kompetensi Lulusan(SKL) yang meliputi sikap, pengetahauan dan ketrampilan.  Selain itu, menurutnya penerapaan SKL dalam dokumen harus menjawab tuntutan pembelajaran revolusi industri 4.0 yaitu karakter, kolaborasi, literasi, komunikatif, teknologi inforasi, dan berpikir tingkat atau apa yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skills(HOTS).

Kegiatan terus berlangsung hingga berakir pukul 13.00 WIB. Banyak usulan, kritik, dan perbaikan dalam rangka penyempurnaan kurikulum madrasah sebelum diimplentasikan. (dzl)


tags
Jelang   Tahun   Pelajaran   Baru,   MAN   1   Yogyakarta   Gelar   Uji   Publik   Kurikulum  

Berita
Tumbuhkan Kesadaran Hukum, MAN 1 Yogya Hadirkan Kanwil Kemenkumham DIY
18-July-2019

Tumbuhkan Kesadaran Hukum, MAN 1 Yogya Hadirkan Kanwil Kemenkumham DIY

MAN 1 Yogya Gandeng Kemkominfo Antisipasi Dampak MEDSOS
18-July-2019

MAN 1 Yogya Gandeng Kemkominfo Antisipasi Dampak MEDSOS

Pembukaan Matsama MAN 1 Yogyakarta:”Jangan ada Perpeloncoan!”
16-July-2019

Pembukaan Matsama MAN 1 Yogyakarta:”Jangan ada Perpeloncoan!”

MAN 1 Yogya Umumkan Hasil Tes Peminatan  Kelas X
16-July-2019

MAN 1 Yogya Umumkan Hasil Tes Peminatan Kelas X

Pisah Sambut Guru MAN 1 Yogyakarta:Silaturrahim Sambung Terus
16-July-2019

Pisah Sambut Guru MAN 1 Yogyakarta:Silaturrahim Sambung Terus