01-April-2019

Kemah Bhakti MAN 1 Jogja Ajarkan Pola Makan Sehat

Yogyakarta(MAN 1YK)—Makanan yang sehat menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Di era globalisasi seperti ini, banyak olahan makanan, yang serba cepat dan mudah, namun tidak sehat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut disebabkan makanan olahan tersebut banyak mengandung bahan pengawet dan zat-zat kimia lain yang berbahaya kalau dikonsumsi terus menerus.

oleh karena itu, untuk membiasakan pola makan sehat dan mengurangi konsumsi makanan instant, maka Perkemahan Bhakti MAN 1 Yogyakarta menerapkan aturan pola makan peserta kemah yang sehat, yaitu “back to nature”.

Aturan ketat tersebut harus ditaati dan diikuti oleh semua peserta kemah dan semua sangga kerja dalam menyajikan kebutuhan makan dan minum selama perkemahan berlangsung, dalam perkemahan yang digelar di Bumi Perkemahan Bumi Tangkil, Kemiri, Purwobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Para peserta kemah dilarang untuk membawa dan memasak mie instant dan makanan cepat saji lainnya. Untuk mencukupi kebutuhan itu, pihak panitia menyediakan bahan-bahan dasar sayur mayur; kacang pancang, kecambah, kangkung, tahu, bayam, tempe dan telor. Tiap kali jam masak, setiap sangga mengambil bahan-bahan dasar tersebut di panitia. Mereka diberi kebebasan mengolah bahan dasar tersebut menjadi aneka masakan.

Koordinator Konsumsi Shafiera Irgi Vania menjelaskan, aturan ini merupakan hasil evaluasi perkemahan sebelumnya. Lanjut, banyak didapatkan para peserta kemah tidak masak nasi, tetapi justru memasak mie instant, bahkan hanya mengonsumsi makanan tersebut tanpa dimasak terlebih dahulu. Sehingga banyak peserta yang sakit karena pola makan yang tidak sehat.

“Karena itu, untuk tahun ini, pola makan kita atur, dengan bahan dasar alami, agar mereka sehat,”ujar siswa yang akrab disapa Faya itu, saat ditemui di dapur umum, Ahad(31/3) sore.

Tidak cukup itu, lomba masak antar sangga yang digelar, Ahad(31/3)sore, juga berbahan dasar singkong. Dalam lomba ini, para peserta dibebaskan untuk berkreasi dengan bahan dasar tersebut menjadi aneka olahan makanan sehat. (dzl)


tags
Kemah   Bhakti   MAN   1   Jogja   ajarkan   Pola   Makan   Sehat  

Berita
Tingkatkan Motivasi Ibadah Haji, MAN 1 Yogyakarta Gelar Praktik Manasik Haji
20-April-2019

Tingkatkan Motivasi Ibadah Haji, MAN 1 Yogyakarta Gelar Praktik Manasik Haji

Wisuda Purna Siswa MAN 1 Jogja: “Tetap Berakhlak Mulia”
16-April-2019

Wisuda Purna Siswa MAN 1 Jogja: “Tetap Berakhlak Mulia”

MAN 1 Jogja Genjot Kemampuan Bahasa Inggris Aktif
11-April-2019

MAN 1 Jogja Genjot Kemampuan Bahasa Inggris Aktif

Buktikan Komitmen Pelestarian Alam, Perkemahan Bakti MAN 1 Yogyakarta Tanam Pohon
04-April-2019

Buktikan Komitmen Pelestarian Alam, Perkemahan Bakti MAN 1 Yogyakarta Tanam Pohon

Festival Kesenian Rakyat  Meriahkan Api Unggun Perkemahan Bakti MAN 1 Jogja
04-April-2019

Festival Kesenian Rakyat Meriahkan Api Unggun Perkemahan Bakti MAN 1 Jogja