11-February-2019

Empat PTN Hadir Di MAN 1 Yogyakarta Berikan Informasi Terbaru UTBK 2019

Yogyakarta (MAN 1 YK)-- Ragam jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dapat ditempuh para siswa kelas XII. Untuk memberikan informasi dan gambaran proses seleksi masuk perguruan tinggi, MAN 1 Yogyakarta hadirkan empat perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Negeri Yogyakarta(UNY), Universitas Islam Negeri(UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Pembangunan Negeri (UPN), dan Universitas Gadjah Mada(UGM), Sabtu(9/2)pagi.  

Masing-masing utusan perguruan tinggi memberikan presentasi di hadapan seluruh siswa kelas XII, di Aula lantai 2, yaitu Marais Kasnardijanto, S.Sos(UPN), Moh.Agung Rokhimawan (UIN),  Moch.Slamet MS(UNY), dan Dr.Nurul Hidayat(UGM).

Guru Bimbingan Konseling Hj.Isni Lestari, S.Pd menerangkan, setidaknya ada empat jalur masuk perguruan tinggi negeri. Yaitu  Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Penerimaan Bibit Unggul(PBU), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Lanjut Isni, untuk SNMPTN, madrasah telah menempuh tahap-tapannya. Mulai dari pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), Seleksi pemeringkatan 40% oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), kemudian pendaftaran SNMPTN (4-14 Februari 2019) dan menunggu pengumuman hasil seleksi pada 23 Maret 2019 mendatang.

“Dengan hadirnya 4 utusn PTN ini, agar siswa mendapatkan informasi yang lebih jelas  tentang aturan baru masuk perguruan tinggi,”ujarnya, sambil mendampingi kegiatan presentasi.

Isni menambahkan, Bimbingan Konseling setiap hari selalu siap untuk memberi pelayanan para siswa terkait dengan seleksi masuk perguruan tinggi, arahan terkait dengan progam studi yang sesuai dengan bakat, minat dan prestasi yang sesuai.

Sementara itu, di antara regulasi baru seleksi masuk perguruan tinggi negeri, pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya menggunakan satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Pendaftaran:Gelombang pertama, 1 hingga 24 Maret 2019 dan Gelombang kedua 25 Maret hingga 1 April 2019, Pelaksanaan:13 April hingga 26 Mei 2019, Pengumuman Hasil UTBK: paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

Dalam pengarahannya, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd berharap, agar kehadiran utusan perguruan tinggi tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh siswa, untuk mendapatkan informasi yang benar dan valid.

Ia juga mengingatkan, bagi siswa yang nanti diterima melalui jalur SNMPTN segera mendaftarkan diri dan menempuh, serta menjalani program studi pilihan tersebut. Pasalnya, tidak semua siswa yang mendapat kesempatan melalui jalur itu.

Lanjut Wiranto, untuk tahun ini(2019), madrasah menargetkan, agar sembilan puluh persen siswa kelas XII MAN 1 Yogyakarta dapat diterima di perguruan tinggi negeri.  (dzl)


tags
Empat   PTN   Hadir   Di   MAN   1   Yogyakarta   Berikan   Informasi   Terbaru   UTBK   2019  

Berita
Prof.Alan Hayes Universitas Newcastle Australia Berikan Donasi Pendidikan Pada Siswa MAN 1 Jogja
23-April-2019

Prof.Alan Hayes Universitas Newcastle Australia Berikan Donasi Pendidikan Pada Siswa MAN 1 Jogja

Tingkatkan Motivasi Ibadah Haji, MAN 1 Yogyakarta Gelar Praktik Manasik Haji
20-April-2019

Tingkatkan Motivasi Ibadah Haji, MAN 1 Yogyakarta Gelar Praktik Manasik Haji

Wisuda Purna Siswa MAN 1 Jogja: “Tetap Berakhlak Mulia”
16-April-2019

Wisuda Purna Siswa MAN 1 Jogja: “Tetap Berakhlak Mulia”

MAN 1 Jogja Genjot Kemampuan Bahasa Inggris Aktif
11-April-2019

MAN 1 Jogja Genjot Kemampuan Bahasa Inggris Aktif

Buktikan Komitmen Pelestarian Alam, Perkemahan Bakti MAN 1 Yogyakarta Tanam Pohon
04-April-2019

Buktikan Komitmen Pelestarian Alam, Perkemahan Bakti MAN 1 Yogyakarta Tanam Pohon