Outbound Edukatif Akhiri LDK Siswa MAN Yogyakarta I

Sleman(MAN YK I)-Latihan Dasar Kepemimpinan(LDK) siswa MAN Yogyakarta I diakhiri dengan outbound edukatif, Ahad(23/10) di Bumi Perkemahan Agro Wisata Merapi Sleman Yogyakarta.

Sejak pagi, pukul 05.00 WIB para siswa peserta LDK, berkumpul di tanah lapang berumput hijau di  bumi perkemahan itu. Tampak semburat sinar matahari mulai muncul dan menghangatkan suasana pagi itu. Mereka baris  rapi berjajar, dalam apel pagi yang sejuk itu.

Wakil Kepala MAN Yogyakarta I Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA. berharap agar apa yang telah didapatkan para peserta dalam LDK, bisa diterapkan dalam Organisasi Intera Sekolah (OSIS) di madrasah. Singgih berpendapat, para peserta mendapatkan bekal yang cukup melalui pelatihan ini.

"apa yang kalian dapatkan, semoga membekas, dan menjadi komitmen bersama, serta mengingatkan ananda kepada tugas dan kewajiban sebagai anggota OSIS,"ungkapnya, dalam memberi sambutan pengukuhan pengurus OSIS periode 2016/2017.

Pihaknya juga menyampaikan para peserta LDK yang telah dikukuhkan ini, secara resmi akan dilantik menjadi pengurus OSIS periode 2016/2017, yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2016 mendatang.

Usai apel pengukuhan, dilanjutkan dengan kegiatan Outbound edukatif. Ragam permainan yang digelar dalam kegiatan ini, yaitu Paint Pencil at Bottle, Lintas Pulau, Pess me, voly air, take me out, dan ember tumpah.

Terkait permainan dalam outbound ini, Ketua Panitia Abu Bakar Jiwo Seto, semua permainan yang dihelat mengandung nilai-nilai pendidikan. Misalnya, kata Seto, nilai kerjasama dan keakraban.

Selain itu, masih kata Seto,  kelompok  dalam outbound ini, kelompok permainan dibagi secara acak. Jadi setiap kelompok berasal dari berbagai utusan organisasi bidang yang berbeda. Dengan demikian, harap seto agar mereka akrab dan saling mengenal satu dengan lainnya.

"Jika mereka saling mengenal dan akrab, maka akan memudahkan dalam menjalankan tugas-tugas mereka dalam OSIS,"ujar Seto.

Permainan berlangsung sangat seru. Gelak tawa dan wajah-wajah yang penuh keceriaan memecah keheningan hamparan rumput hijau pagi itu, hingga berakhir pukul 11.00 WIB.

Salah satu peserta Dwiya Elsa Yulianti  kelas X IIS mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. Ia juga menuturkan, LDK seperti ini, merupakan kali pertama yang ia ikuti . "Asyik dan seru,"ujar siswi yang berparas cantik dan berkacamata itu.  

Selain itu, kata Elsa, demikian sapaan akrabnya, banyak pelajaran yang ia didapatkan, misalnya masalah administrasi yang harus tertib dalam sebuah organisasi.  

Elsa menambahkan, LDK ini mengajarkan tentang hal penting yang harus ada dalam jiwa seorang pemimpin. "Pemimpin itu harus mampu mengayomi dan terbuka, untuk menerima kritikan dan masukan dari bawahan,"pungkasnya. (dzl)

 


tags
  

Berita
Peminjam Buku Teraktif Mendapat Penghargaan Dari Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta
18-August-2018

Peminjam Buku Teraktif Mendapat Penghargaan Dari Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta

Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Di MAN 1 Yogyakarta: Dari Jogja untuk Indonesia
18-August-2018

Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Di MAN 1 Yogyakarta: Dari Jogja untuk Indonesia

77 Persen Alumuni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2018 Diterima Di PTN
14-August-2018

77 Persen Alumuni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2018 Diterima Di PTN

Unik dalam Menyampaikan Pesan Moral,  Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Kejuaraan Stand Up Comedy
13-August-2018

Unik dalam Menyampaikan Pesan Moral, Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Kejuaraan Stand Up Comedy

Proses Akreditasi MAN 1 Yogyakarta Berjalan Lancar
13-August-2018

Proses Akreditasi MAN 1 Yogyakarta Berjalan Lancar