28-November-2018

Motivasi Siswa Kelas XII MAN 1 Yogyakarta: Studi Di Luar Negeri, ‘Why Not?’

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Mendampingi dan membimbing siswa kelas XII untuk sukses studi lanjut merupakan bagian program kerja madrasah. Seiring dengan banyaknya alumni yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri, maka MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan Motivasi dan Sosialisasi Studi Lanjut ke Luar Negeri, Senin (19/11)pagi, di Aula lantai 2.

Kegiatan ini diikuti 223 siswa semu program studi, dengan mendatangkan narasumber Dr.Muhajir Dosen UIN Sunan Kalijaga. Ia sangat apresiasi MAN 1 Yogyakarta karena banyak alumninnya yang berhasil melanjutkan studi ke Pergruan tinggi di  Luar negeri.

Beberapa alumni MAN 1 Yogyakarta, kata Muhajir,  pernah ia jumpai dalam berbagai event di luar negeri.  Salah satunya, Agung Muhammamd Denivan alumnus Tahun 2012 yang sedang menempuh kuliah S1 di Korea. Menurutnya, Keberadaan alumni yang telah berhasil menempuh studi lanjut ke luar negeri.  baik Korea, Jerman, Australia, Turki dan lain-lain, bisa menjadi motivasi besar untuk adik adik kelasnya mengikuti jejak alumni.  

Dengan tema ‘Studi Luar negeri Why Not’ Muhajir memberikan gambaran tetang era globalisasi. Dimana dunia sudah berubah menjadi bidang datar “the world is Flat” dengan keberadaan HP android. Bukan menjadi hambatan ketika kita hendak mencari infomasi dan mengenal secara dekat tentang Negara yang akan kita kunjungi. “Karena semua informasi telah tersedia di dalam media on line,”ujarnya

“Maka tidak menjadi alasan kurangnya informasi menjadi hambatan seseorang untuk dapat melanjutkan studi lanjut ke luar negeri,”imbuhnya.

Setidaknya, Ada empat langkah yang harus di siapkan untuk dapat melanjutkan stud ke Luar negeri. Pertama, ada niat dan keinginan keras. Kedua, memiliki prestasi akdemik. Ketiga, mencari informasi tentang perguruan tinggi yang akan dituju. Dan keempat, menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Ke-empat langkah ini harus dipersiapkan lebih dini dari mulai siswa di awal semester  kelas XII.

Fasilitas beasiswa lanjutnya,  banyak disediakan untuk studi lanjut ke luar negeri. Hal ini bisa dimanfaatkan agar kendala biaya bisa diatasi. Sebagai contoh beasiswa yang disediakan negara Indonesia yaitu Lembaga Pegelola Dana Pendidikan (LPDP). Tujuan utama beasiswa LPDP adalah mempersiapkan pemimpin yang professional masa depan di Indonesia. Maka sangat memungkinkan bagi siswa yang secara akademis bagus dan memiliki kemampuan leadership akan memperoleh dana beasiswa dari LPDP ini.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengajak,  agar siswa kelas XII tetap optimis untuk dapat meriah cita-cita studi di luar negeri. Yang terpenting menurutnya, agar siswa madrasah jangan pernah melupakan karakter madrasah sebagai siswa yang cerdas dan Islami.

“Karakter sopan santun dan rendah hati harus terus terbangun menjadi jati diri siswa madrasah meskipun sudah tinggal di negara lain dengan karakter yang berbeda dengan Negara kita,”pintanya.

Di akhir acara, salah satu siswa kelas XII IPS3 Dwya Elsa Yulianti menyampaikan apresiasi terhadap acara ini. Elsa berharap dapat melanjutkan studi di Australia atau Jepang. Ia  tertarik untuk mempelajari budaya dan sistem pendidikan di negara  lain. “Saya berharap acara ini dilanjutkan dengan pendampingan, hingga sukses masuk perguruan tinggi nanti,”ujarnya.(htn/dzl)


tags
Motivasi   Siswa   Kelas   XII   MAN   1   Yogyakarta:   Studi   Di   Luar   Negeri,   ‘Why   not?’  

Berita
MAPK MAN 4 Jombang Sambut Hangat Rombongan Studi Banding MAN 1 Yogyakarta
12-December-2018

MAPK MAN 4 Jombang Sambut Hangat Rombongan Studi Banding MAN 1 Yogyakarta

ABT Di MAN 1 Yogyakarta: Hemat, Cepat, Akurat dan Tepat
12-December-2018

ABT Di MAN 1 Yogyakarta: Hemat, Cepat, Akurat dan Tepat

MAN 1 Yogyakarta Diresmikan Menjadi Madrasah Aman Bencana
04-December-2018

MAN 1 Yogyakarta Diresmikan Menjadi Madrasah Aman Bencana

Menjawab Tantangan Zaman, MAN 1  Yogyakarta Mulai PAS dengan CBT dan Android
28-November-2018

Menjawab Tantangan Zaman, MAN 1 Yogyakarta Mulai PAS dengan CBT dan Android

Peringatan Hari Guru Nasional Di MAN 1 Yogyakarta: Jangan Lupakan Jasa dan Pengorbanan Guru
28-November-2018

Peringatan Hari Guru Nasional Di MAN 1 Yogyakarta: Jangan Lupakan Jasa dan Pengorbanan Guru