08-July-2018

Antusiasme Orang Tua Wali Siswa Sambut Sosialisasi Peminatan Di MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)— Minat dan jurusan dalam studi tidak bisa dipisahkah.  Keduanya mempunyai pengaruh yang besar dalam menempuh studi.  Di sisi lain, banyak para siswa yang memilih jurusan karena popularitasnya, dan bukan karena kesesuaiannya dengan minat, bakat dan kemampuannya dalam studi lanjut.   Tidak sedikit pula, mereka memilih jurusan karena kehendak orang tua, meskipun jurusan tersebut tidak sesuai dengan minatnya.

Untuk itulah, MAN 1 Yogyakarta selenggarakan sosialisasi peminatan, usai pengumuman hasil seleksi  penerimaan peserta didik Baru, Sabtu(7/7), di Aula lantai 2.  Kegiatan ini menghadirkan segenap civitas perguruan tinggi,  dan para alumnus MAN 1 Yogyakarta.  Antara lain, Nidaul Hasanat Wakil Dekan 1 Bidang Akademika dan Kemahasiswaan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Aini Mahabbati(Alumnus MAN 1 Yogayakarta Tahun 1999) Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta(UNY), dan Nanang Bagus Subekti  Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UST Yogyakarta,  yang juga alumnus MAN 1 Yogyakarta Tahun  1996.

Kepada orang tua wali siswa yang hadir, Nanang Bagus Subekti berpesan, sebagai orang tua hanya sekedar memberikan arahan saja, dan tidak memaksakan kehendak kepada anak untuk memilih jurusan tertentu.

Menurut pengalamannya, dalam dunia kerja hal itu akan mengalir sesuai tanggung jawab yang diperoleh. Seperti dirinya yang saat ini menjadi dekan FKIP UST Yogyakarta yang harus mengurusi banyak orang, walaupun ia dulunya berasal dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan bukan berasal dari jurusan manajemen, tetapi nyatanya ia mampu mengatasinya dengan baik. 

Hadir pula Pramudya Arya Wibowo dan Noviana Lestari alumni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2018 yang telah diterima diperguruan tinggi negeri. Keduanya hadir memberikan testimoni tentang Program Studi Bahasa dan Budaya, serta keunggulan dan prospeknya.

Kegiatan ini disambut baik para orang tua wali siswa yang hadir. Dalam sesi tanya jawab banyak pertanyaan yang disampaikan, terkait tentang program madrasah dan kelanjutan putra-putri mereka, kelak di perguruan tinggi dan prospeknya di dunia kerja.

Kemudian Koordinator Bimbingan Konseling R.Khamdan Jauhari, S.Pd menyampaikan, tahap berikutnya usai sosialisasi ini adalah Tes Potensi Akademik dan Tes Akademik untuk menentukan kelompok peminatan yaitu IPA, IPS, dan Bahasa,  yang akan dilaksanakan pada Rabu, (11/7).  Hasil tes akan diumumkan pada, Sabtu(14/7) mendatang, serta ada waktu 4 hari penyesuaian jurusan dan konsultasi(16-19 Juli 2018). (dzl)


tags
Antusiasme   Orang   Tua   Wali   Siswa   Sambut   Sosialisasi   Peminatan   di   MAN   1   Yogyakarta  

Berita
Peminjam Buku Teraktif Mendapat Penghargaan Dari Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta
18-August-2018

Peminjam Buku Teraktif Mendapat Penghargaan Dari Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta

Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Di MAN 1 Yogyakarta: Dari Jogja untuk Indonesia
18-August-2018

Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Di MAN 1 Yogyakarta: Dari Jogja untuk Indonesia

77 Persen Alumuni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2018 Diterima Di PTN
14-August-2018

77 Persen Alumuni MAN 1 Yogyakarta Tahun 2018 Diterima Di PTN

Unik dalam Menyampaikan Pesan Moral,  Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Kejuaraan Stand Up Comedy
13-August-2018

Unik dalam Menyampaikan Pesan Moral, Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Kejuaraan Stand Up Comedy

Proses Akreditasi MAN 1 Yogyakarta Berjalan Lancar
13-August-2018

Proses Akreditasi MAN 1 Yogyakarta Berjalan Lancar