06-July-2018

Raihan Rakha Siswa MAN 1 Yogyakarta Diterima Di IPB Melalui Jalur Prestasi Ketua OSIS

Yogyakarta (MAN 1YK) — Menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena tidak pernah menyangka, dapat diterima masuk di Institut Pertanian Bogor (IPB) tanpa test. Itulah yang dirasakan Raikhan Rakha siswa MAN 1 Yogyakarta Prodi IPA. Ia diterima melalui jalur Prestasi Ketua OSIS.

Baru pertama kalinya IPB, di tahun 2018 ini membuka jalur prestasi untuk ketua OSIS. Ada ribuan pendafatar ketua OSIS se-Indonesia. Dan hanya menerima 130-160 orang. Tentu bukan hal yang mudah untuk dapat masuk terpilih melalui jalur ini. Persyaratan pendaftaran harus menyertakan nilai raport semester 1 sampai 5 dan juga membuat sinopsis dengan tema kontribusi untuk pembangunan Indonesia di masa mendatang.

Sempat terbesit  rasa kuatir di hati Raikhan, demikian sapaan akrab Ketua OSIS Nurul Jadid MAN 1 Yogyakarta periode 2016/2017 itu. Tapi atas dorongan orang tua dan guru, akhirnya ia diterima melalui prestasi ketua OSIS menjadi mahasiswa baru di  Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.

Waktu dihubungi Raikhan menuturkan, Jurusan ini sengaja diambil karena potensi laut di Indonesia luar biasa besar dan mayoritas belum terolah dengan maksimal.

“Dengan masuk jurusan ini saya bisa ikut berkontribusi menyumbangkan ilmu dan tenaga saya untuk menjaga dan memaksimalkan kekayaan laut untuk kemajuan bangsa dan negara,”terangnya, ketika ditanyakan tentang alasan utama memilih jurusan ini, Sabtu(30/6) kemarin.

Dalam catatan prestasi siswa MAN 1 Yogyakarta, Peran dan kiprahnya selama menjadi ketua OSIS bisa dibilang luar biasa. Di tahun 2017 Raihan terpilih sebagai 100 ketua OSIS terbaik se-Indonesia dalam acara Indonesia Student Leadership Camp Ke-7 yang diadakan Universitas Indonesia.

Dalam ajang kegiatan ini, Raihan bisa menggeser ribuan pendaftar se-Indonesai. berbekal banyak ilmu tentang kepemimpinan dan kebangsaan yang didapat, ia bertekad untuk mengabdikan dirinya demi kejayaan bangsa dan negara melalui bidang yang akan ditekuni yaitu kelautan.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., menyambut gembira dan bangga atas keberhasilan Raihan sebagai ketua OSIS terbaik dan lolos masuk di IPB jalur prestasi ketua OSIS.

Menurutnya, dibukanya jalur prestasi bagi ketua OSIS di IPB sangat baik, hal itu merupakan bentuk apresiasi kepada ketua OSIS. “Dari segi kepemimpinan dan  kecerdasan tentu tidak diragukan lagi,”ungkapnya.

“Bagaimanapun ketua OSIS merupakan siswa terpilih di sekolahnya, yang sudah  dipercaya untuk memimpin siswa dan menjadi duta sekolahnya dalam kegiatan-kegiatan eksternal yang berkaitan dengan program sekolah,”imbuhnya.

Selanjutnya ia berharap, semoga dengan diterimanya Raikhan sebagai mahasiswa baru di IPB ini menjadi motivasi bagi ketua OSIS di sekolah, khususnya di madrasah.

“Dan ke depan semoga tidak hanya IPB yang membuka jalur ini, tapi bisa diikuti perguruan tinggi negeri lainnya seperti UGM, UNY, dan lainnya,”pintanya.(hn/dzl)


tags
Raihan   Rakha   siswa   MAN   1   Yogyakarta   Diterima   Di   IPB   Melalui   Jalur   Prestasi   Ketua   OSIS  

Berita
Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional 2018
08-November-2018

Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional 2018

Amartya, Siswa MAPK MAN 1 Yogyakarta Juara 1 Essay Tingkat Nasional 2018
30-October-2018

Amartya, Siswa MAPK MAN 1 Yogyakarta Juara 1 Essay Tingkat Nasional 2018

Pengajian Keluarga MAN 1 Yogyakarta: Pentingnya Integrasi Ilmu Pengetahuan
30-October-2018

Pengajian Keluarga MAN 1 Yogyakarta: Pentingnya Integrasi Ilmu Pengetahuan

Wardah Bright Days Di MAN 1 Yogyakarta:Memilih Produk Halal dan Aman
29-October-2018

Wardah Bright Days Di MAN 1 Yogyakarta:Memilih Produk Halal dan Aman

PLK MAN 1 Yogyakarta Tingkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar
29-October-2018

PLK MAN 1 Yogyakarta Tingkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar