20-February-2018

Demi Kelestarian Alam, Pecinta Alam MAN 1 Yogyakarta Tanam Bakau Di Pantai Baros Bantul

Bantul(MAN 1 YK)—Alam semesta yang menyediakan sumber kehidupan:makan, minum, dan lainnya, mesti harus dijaga kelestariannya. Sebab kalau terus-menerus diekplorasi  akan mengancam keberlangsungan makhluk hidup dan ekosistem yang ada.

Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Pecinta Alam atau yang dikenal dengan Kelompok Petualang Gunung dan Rimba(KPGR)’Lebah Gunung’  MAN 1 Yogyakarta.  Kemarin, kelompok penggiat kelestarian alam ini mengadakan penanaman pohon bakau, Ahad(19/2), di Pantai Baros Bantul, Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan ini, 24 siswa anggota KPGR ‘Lebah Gunung’, guru pendamping dan segenap alumunus MAN 1 Yogyakarta. Mereka bekerja sama dengan pemandu hutan mangrove dari Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B), berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Ragam acara mengisi kegiatan itu. Antara lain, pengenalan hutan mangrove dan manfaatnya,  Penanaman 50 pohon bakau di pinggiran pantai itu.

Salah satu peserta Muhammad Yusuf Effendy  kelas XI IPA 1 menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenal alam dan cara menjaga dan melestarikannya, serta merawat bumi  dan mengurangi abrasi  yang terjadi terus-menerus.

Ungkapnya berdasarkan pengamatannya bersama anggota KPGRI Lebah Gunung, ditemukan banyak sampah, pasca banjir di bantul pada Pesember 2017 lalu, berasal dari muara sungai Opak, tepat pada lokasi Pantai Baros.

Guru Pembimbing Moh.Zeni, M.Pd menyampaikan, kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa kepedulian para siswa terhadap kelestarian alam, khususnya menjaga ekosistem pantai.  Selain itu  ia kata Zeni, siswa mengetahui proses, sehingga mereka berlatih untuk bersabar. Pasalnya, pohon bakau itu bisa dipetik hasilnya, sedikitnya butuh waktu 18 tahun. “Planting for next generation(menanam untuk generasi yang akan datang),”ujarnya.

Zeni, Guru Bahasa Inggris yang humoris itu menambahkan, pohon bakau(Rhizophora) merupakan bagian dari rumpun hutan mangrove, selain api-api (avicennia), Paku Laut(Acrostichum aureum), dan Jeruju(Acanthus).

Lanjutnya, ragam tanaman hutan mangrove mempunyai banyak manfaat. Selain untuk menahan abrasi dan memecah ombak, juga bisa digunakan untuk obat-obatan herbal. (dzl) 


tags
Demi   Kelestarian   Alam,   Pecinta   Alam   MAN   1   Yogyakarta   Tanam   Bakau   di   Pantai   Baros   Bantul  

Berita
MAPK MAN 4 Jombang Sambut Hangat Rombongan Studi Banding MAN 1 Yogyakarta
12-December-2018

MAPK MAN 4 Jombang Sambut Hangat Rombongan Studi Banding MAN 1 Yogyakarta

ABT Di MAN 1 Yogyakarta: Hemat, Cepat, Akurat dan Tepat
12-December-2018

ABT Di MAN 1 Yogyakarta: Hemat, Cepat, Akurat dan Tepat

MAN 1 Yogyakarta Diresmikan Menjadi Madrasah Aman Bencana
04-December-2018

MAN 1 Yogyakarta Diresmikan Menjadi Madrasah Aman Bencana

Menjawab Tantangan Zaman, MAN 1  Yogyakarta Mulai PAS dengan CBT dan Android
28-November-2018

Menjawab Tantangan Zaman, MAN 1 Yogyakarta Mulai PAS dengan CBT dan Android

Peringatan Hari Guru Nasional Di MAN 1 Yogyakarta: Jangan Lupakan Jasa dan Pengorbanan Guru
28-November-2018

Peringatan Hari Guru Nasional Di MAN 1 Yogyakarta: Jangan Lupakan Jasa dan Pengorbanan Guru