09-January-2017

IAIN Sultan Amai Gorontalo Lakukan Kunjungan Di MAN 1 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 1 YK)-Sebanyak 120 Civitas Akademika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan(FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo lakukan kunjungan di MAN 1 Yogyakarta, Kamis(15/12) kemarin. Rombongan ini tiba di kampus pukul 07.30 WIB, disambut oleh segenap civitas akademika MAN 1 Yogyakarta di aula lantai 2.

 

Ketua Rombongan yang Juga Dekan FITK Dr.Mujahid Damopoli, M.Pd. menerangkan, pihaknya sengaja memilih MAN 1 Yogyakarta menjadi tempat kunjungan, dengan beberapa pertimbangan. Antara lain kata Mujahid, Sekolah ini sudah dikenal dan telah mendapatkan akreditisi terbaik, serta di Yogyakarta banyak lembaga pendidikan yang baik. Selain itu ia berharap agar kunjungan ini bisa menguatkan tali silaturrohim antara dua lembaga ini.

 

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd menyambut baik kunjungan ini. Ia menyampaikan, hari ini, sedikitnya ada 4 acara yaitu pemberian apresiasi siswa berprestasi di Gedung Amongrogo, sarasehan Majelis Permusyawaratan Siswa(MPS), Penganugerahan Kejuaraan Lomba Kemah Hijau BLH Kota Yogyakarta, dan Classmeeting Siswa. Walaupun kegiatan madrasah sangat padat, Kata Wiranto, menerima tamu juga tidak bisa ditinggalkan, karena menjadi bagian penting dan merupakan ibadah.

 

Lantas Wiranto menuturkan, sebetulnya MAN 1 Yogyakarta biasa saja. Yang lebih utama dari itu ungkapnya, bagaiamna menyiapkan anak-anak ini menjadi generasi berkarakter, jujur dan bertanggungjawab. Selain itu, lanjut Wiranto, tidaklah mudah untuk mewujudkan anak-anak itu berprestasi. “Butuh tenaga dan biaya yang tidak sedikit,”ujarnya.

 

Usai sambutkan kedua belah pihak, acara dilanjutkan dengan presentasi profile MAN Yogyakarta 1 oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd. Dalam presentasinya Aning, demikian sapaan akrabnya, menyampaikan, MAN Yogyakarta I merupakan madrasah tertua di Yogyakarta. Dikatakan, madrasah ini telah mengalami perjalanan panjang, mulai dari Sekolah Guru Agama Islam (SGHA) tahun 1950-1954, kemudian dengan dinamikanya berubah menjadi Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) tahun 1954-1978, lalu menjadi MAN Yogyakarta 1 mulai tahun 1978 hingga sekarang.

 

Banyak hal yang disampaikan Aning. Di antaranya visi misi madrasah, program-program unggulan, kurikulum, kesiswaan, dan strategi sukses untuk kelas XII dalam Ujian Nasional dan masuk Perguruan tinggi, serta prestasi para siswa.

 

Usai presentasi dan dialog, para tamu dari Gorontalo ini: dosen, mahasiswa, dan pegawai, diajak untuk berkeliling melihat lingkungan kampus MAN Yogyakarta 1 dan berkunjung ke perpustakaan MAN Yogyakarta 1 yang telah mendapatkan akreditasi A, serta termasuk dalam 10 perpustakaan terbaik nasional. (dzl)


tags
IAIN   Sultan   Amai   Gorontalo   Lakukan   Kunjungan   di   MAN   1   Yogyakarta  

Berita
Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara 3 Dongeng Bahasa Prancis IFI-LIPI
19-October-2018

Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara 3 Dongeng Bahasa Prancis IFI-LIPI

4 Karya Ilmiah Siswa MAN 1 Yogyakarta Finalis OPSI 2018
10-October-2018

4 Karya Ilmiah Siswa MAN 1 Yogyakarta Finalis OPSI 2018

Adhitya Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 Olimpiade Biologi Tingkat Nasional
08-October-2018

Adhitya Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 Olimpiade Biologi Tingkat Nasional

Pertemuan Orang Tua Wali Siswa MAN 1 Yogyakarta: Inovasi Meningkatkan Prestasi
08-October-2018

Pertemuan Orang Tua Wali Siswa MAN 1 Yogyakarta: Inovasi Meningkatkan Prestasi

MAN 1 Yogyakarta Talk Show Di RBTV Yogyakarta
04-October-2018

MAN 1 Yogyakarta Talk Show Di RBTV Yogyakarta