18-March-2016

MAN Yogyakarta I Gelar LKIP Tingkat SMP/MTs Se-DIY

Yogyakarta (MAN YK I) - MAN Yogyakarta I gelar Lomba Karya Ilmiah Pelajar(LKIP) Tingkat SMP/MTs Se-DIY, Kamis (17/3).  Sebanyak 10 judul proposal penelitian yang lolos seleksi dari  8  sekolah SMP/MTs Se-DIY yang telah diajukan sebulan sebelum perlombaan ini digelar. Para Finalis ini berkumpul di Aula MAN Yogyakarta I. tepat pukul 08.00 WIB kompetisi dibuka oleh Wakil Kepala MAN Yogyakarta I Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA.  

Singgih Sampurno berharap agar kompetisi ini menjadi ajang untuk menumbuh kembangkan budaya penelitian di kalangan pelajar. Ia menekankan akan pentingnya manfaat penelitian bagi pelajar. Menurutnya, budaya penelitian harus ditanamkan sejak dini.

“selamat berlomba, semoga pada kesempatan ini, bukan hanya mencari kejuaraan akan tetapi bisa berbagi ilmu pengetahuan yang telah didapatkan,”pungkas Alumnus Magister Universitas Gadjah Mada  Bidang Sastra Indonesia itu.

10 Judul proposal penelitian yang lolos seleksi tersebut dalam dua bidang, yaitu 5 bidang Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) dan 5 bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Setiap satu judul terdiri satu sampai 3 siswa.   Para siswa Tim Finalis ini, kemudian  diberi kesempatan untuk presentasi selama 10 menit dan Tanya jawab dari dewan juri 10 menit.

Adapun Dewan Juri Bidang IPA: Ari Satriana, M.Pd, Taufik Zamhari, M.Sc, dan Amelia Ningrum. Sedangkan Dewan Juri dalam Bidang IPS: Masayu Nurul Ana, S.Ant, Mahfud Sholihin, M.Acc, Ph.D, dan Hastuti Praptaningsih, S.Pd. Turut memeriahkan dan menghibur kompetisi ini kreasi seni oleh siswa siswi MAN Yogyakarta I seperti Tarian Tradisional,  Group Musik Mansakustik, dan Group Musik Hadroh Kasyiful Kurab.

Di akahir acara, Dewan Juri menyampaikan pemenang pada kompetisi ini. Dalam Bidang IPA: Juara I diraih oleh SMP IT Baitussalam dengan judul Pengaruh Getah Patikan Kebo (Euphorbia Hirta) Terhadap Penutupan Luka pada Tikus, Juara II diraih oleh MTs N Yogyakarta 1 dengan Judul Potensi Limbah Pangan Sebagai Pewarna, dan Juara III diraih oleh SMP Negeri 3 Depok dengan judul Dupa Pengusir Nyamuk Dari Tumbuhan Patah Tulang.

sedangkan dalam bidang IPS: Juara I diraih oleh MTs Ali Maksum dengan judul Peran Pesantren Dalam Mengatasi Masalah Akhlak Dan Moral Di Era Globalisasi:Studi Kasus Siswi Mts Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Juara II diraih oleh SMP Negeri 1 Sentolo dengan judul Pengeruh Penambangan Pasir Progo Terhadap Kondisi Ekonomi Sosial Masyarakat Desa Sentolo , dan Juara III diraih oleh SMP Negeri 3 Godean dengan judul Permainan Kartu Pembelajaran Bangsa sebagai Solusi Pengenalan Pahlawan.

Setiap pemenang pada kompetisi ini mendapatkan tropy, sertifikat dan uang pembinaan: Rp 650 ribu untuk Juara I, Rp 550 ribu untuk Juara II, dan Rp 450 ribu untuk Juara III.

Selain itu panitia juga memberikan penghargaan khusus dan bingkisan menarik, bagi para peserta yang belum mendapatkan kejuaraan, atas partisipasi dan kerja keras mereka  dalam kompetisi ini.

Ketua Tim asal SMP IT Baitus Salam Peraih Juara I dalam bidang  IPA Nurul Arpiliya mengaku merasa senang sekali. “saya bersama Tim, sama sekali tidak menduga bisa menang, dan ini baru pertama kali ikut kompetisi seperti ini,”ungkap siswi SMP IT yang baru duduk di kelas 8  itu, saat ditemui usai pembagian hadiah.  (dzl)

 


tags
  

Berita
MAPK MAN 4 Jombang Sambut Hangat Rombongan Studi Banding MAN 1 Yogyakarta
12-December-2018

MAPK MAN 4 Jombang Sambut Hangat Rombongan Studi Banding MAN 1 Yogyakarta

ABT Di MAN 1 Yogyakarta: Hemat, Cepat, Akurat dan Tepat
12-December-2018

ABT Di MAN 1 Yogyakarta: Hemat, Cepat, Akurat dan Tepat

MAN 1 Yogyakarta Diresmikan Menjadi Madrasah Aman Bencana
04-December-2018

MAN 1 Yogyakarta Diresmikan Menjadi Madrasah Aman Bencana

Menjawab Tantangan Zaman, MAN 1  Yogyakarta Mulai PAS dengan CBT dan Android
28-November-2018

Menjawab Tantangan Zaman, MAN 1 Yogyakarta Mulai PAS dengan CBT dan Android

Peringatan Hari Guru Nasional Di MAN 1 Yogyakarta: Jangan Lupakan Jasa dan Pengorbanan Guru
28-November-2018

Peringatan Hari Guru Nasional Di MAN 1 Yogyakarta: Jangan Lupakan Jasa dan Pengorbanan Guru