17-March-2014

Pengenalan Pascal

Komputer adalah salah satu teknologi yang paling canggih saat ini. Komputer senantiasa menemani manusia dan komputer inipuun mampu menjadi partner  yang bahkan dapat menampung semua kekesalan atau kegembiraan dalam hati si pengguna dengan sukarela. Namun, perlu diketahui, untuk memerintahkan komputer kita memerlukan  adanya sebuah bahasa yang menjembatani antara kita dengan komputer, yaitu dalam artian lain ada bahasa yang kita dan komputer ketahui yang disebut bahasa pemrograman. Nah, disini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang bahasa pemrograman kelas menengah yakni Pascal. Untuk software bahasa pemrograman Pascal, banyak varian dari program seperti Turbo Pascal for Windows, Free Pascal, dll. Disini saya akan menggunakan Turbo Pascal for Windows, bila anda menggunakan varian lain, biasanya akan ada sedikit perbedaan.

Program tersebut adalah sebuah program yang mampu digunakan untuk mengkonversikan suhu dari Celcius ke Reamur. Konversi yang dilakukan Insya’ Allah tepat karena menggunakan rumus dasar untuk menentukan suhu Celcius ke suhu Reamur. Program ini juga dilengkapi dengan sistem dua angka dibelakang koma. Sehingga hasil yang dikeluarkan tidak akan melampaui dua angka dibelakang koma.

Kalimat ‘Program konversi_suhu;’ berfungsi untuk mengawali program yang akan dibuat. Kode ini tidak akan dieksekusi namun kesalahannya tetap dihitung dan tidak akan diproses hingga penulisan kode tersebut tidak terdapat kesalahan. Untuk diperhatikan, bahwa salah satu karakter saja dalam proses pengkodean maka program tidak akan jalan, kecuali untuk beberapa tempat khusus di dalam pascal yang dapat menerima apapun yang ditulis. Lalu ‘Uses wincrt; ‘itu berguna untuk melaporkan pada program bahwa sistem yang digunakan adalah windows. Memang cukup aneh karena dengan namanya yang Turbo Pascal for Windows tentunya program sudah tahu bahwa dia hanya bisa digunakan di windows. Lalu ‘Var c, r: real;’  yaitu adalah deklarasi variabel. Di dalam pascal, kita harus mengenalkan sebuah variabel baru diluar tanda petik dan perlu mengenalkan dia fungsi dia di pascal. Kemudian ‘Begin’ berfungsi untuk memulai coding atau pemrograman. Kode ‘Clrscr;’ atau clear screen digunakan untuk membersihkan layar dari kode sebelumnya. Sebenarnya clear screen di awal program kurang berguna, namun kita jadikan ini pembelajaran. Untuk kode ‘Writeln (‘Konversi celcius ke reamur’);’ adalah kode penulisan. Setiap apa yang ada dalam petik akan selalu dianggap sebagai suatau kode non-rumus yang berarti kode tersebut tidak ada di dalam database kosakata Bahasa Pascal .  Setelah itu ‘Write (‘Masukkan suhu dalam celcius:’);’ adalah suatu perintah yang tidak jauh beda dari perintah sebelumnya. Perbedaannya terletak di kata ln atau line, yang berarti bila kita menggunakan ln maka kursor akan langsung pindah ke baris di bawahnya. Kode ‘Read(c);’ berfungsi untuk memerintahkan program membaca apapun yang ditulis pengguna dan menyebutnya sebagai  variabel c. Selanjutnya ‘r:=(4/5)*c;’ adalah rumus perhitungan dari celcius ke reamur. Setelah itu kode ‘Writeln (‘Hasil konversinya adalah:’,r:0:2,’ Reamur’);’ adalah perintah untuk menuliskan hasil konversi dari rumus yang dimaksud dan dengan penggunaan 2 digit dibelakang 0. Terakhir ‘End.’ Berguna untuk menutup satu kesatuan pemrograman. Perlu diingat, bahwa setiap begin harus berakhir dengan end.

Kita sebagai manusia telah memiliki bahasa manusia, maka saya akan terjemahkan perintah itu dengan bahasa kita. Jadi pertama kita beritahukan kepada komputer bahwa program ini namanya ‘program konversi suhu’ dan kita menggunakan windows. Lalu kita kenalkan kode yang tidak dikenal oleh pascal , saya kenalkan c dan r sebagai Real atau angka, berapapun itu angkanya. Lalu kita katakan bahwa masa pengenalan usai  dan sekarang masa pengkodean. Setelah itu kita menyuruh komputer untuk menulis beberapa kalimat dan menyuruh membaca dari kalimat ‘Masukkan suhu dalam Celcius:’.  Program juga kita perintahkan untuk mengolah angka berapapun yang ditulis pengguna dengan rumus yang sudah kita berikan. Kemudian kita menyuruh program untuk menulis berapapun hasilnya dengan dua digit di belakang nol. Yang terakhir, program kita perintahkan untuk menghentikan aktivitas setelah itu.

Program konversi satu jenis suhu diatas adalah sebuah gambaran kecil tentang komunikasi antara kita sebagai manusia dengan teknologi. Program diatas bisa kita gabungkan dengan program konversi suhu ke suhu lainnya sehingga beberapa program dapat disatukan ke satu program. Jadi, bisa saja anda membuat Konversi Celcius ke Reamur, Fahrenheit,dan lainnya di dalam satu program. Artikel ini bukanlah sumber ilmu satu-satunya, jadi, belajarlah!

 


tags
  

Berita
Manfaatkan Knalpot Motor Jadi Power Bank, Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 2 OKI UII Tahun 2017
20-November-2017

Manfaatkan Knalpot Motor Jadi Power Bank, Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 2 OKI UII Tahun 2017

Ide Kreatif Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 3 Lomba Ekonomi Kreatif UGM 2017 Se-Pulau Jawa
20-November-2017

Ide Kreatif Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 3 Lomba Ekonomi Kreatif UGM 2017 Se-Pulau Jawa

Tim Orkestra MAN 1 Yogya Akan Pentas di Pameran Pendidikan Islam Internasional
18-November-2017

Tim Orkestra MAN 1 Yogya Akan Pentas di Pameran Pendidikan Islam Internasional

Penarikan Mahasiswa PPL UNY di MAN 1 Yogayakarta
16-November-2017

Penarikan Mahasiswa PPL UNY di MAN 1 Yogayakarta

Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 dan 2 Lomba Puisi Bahasa Perancis di UGM
14-November-2017

Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 1 dan 2 Lomba Puisi Bahasa Perancis di UGM